Senin 13 Juli 2020, 22:21 WIB

Di luar Jam Sibuk, Waktu Tunggu Angkutan Umum akan Lebih Lama

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Di luar Jam Sibuk, Waktu Tunggu Angkutan Umum akan Lebih Lama

MI/Bary Fatahillah
Penumpang menunggu kedatangan KRL di Stasiun Depok

 

DINAS Perhubungan DKI Jakarta mengatur ketat operasional angkutan umum selama pandemi Covid-19. Hal itu pun telah diinstruksikan kepada seluruh pengelola transportasi umum, seperti MRT dan LRT.

Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo menjelaskan, pola pengaturan itu seperti mengoperasikan lebih banyak armada dengan waktu tunggu atau headway yang lebih singkat di jam-jam sibuk mengikuti jam-jam kerja yang ditetapkan selama masa PSBB Transisi fase 1.

"Iya, di masa transisi ini memang kita lakukan pengaturan. Setiap hari minimal memenuhi dua 'shift' (misalnya) dari pukul 07.00 sampai pukul 09.00. Artinya pergerakan orang di jam itu yang kita fasilitasi penuh," kata Syafrin di Balai Kota, Senin (13/7).

Sementara di luar jam-jam sibuk pagi dan sore hari, armada akan dikurangi dan waktu tunggu akan lebih panjang. Syafrin berharap dengan hal seperti ini ia diharapkan akan menurunkan minat masyarakat untuk bermobilitas tanpa ada sebab yang urgen karena masih dalam masa pandemi covid-19.

Baca juga : Risiko Tinggi, Anies Diminta Tak Buka Hiburan Malam Dulu

"Karena di luar jam sibuk berarti kan orang bukan untuk bekerja yang artinya kita minta untuk mereka tetap di rumah. Selain itu saat ini masih diberlakukan 'work from home' sebanyak 50%," ujarnya.

Sementara itu menurus Syafrin, arus peningkatan penumpang di angkutan umum yang dikelola oleh BUMD DKI masih belum terlalu signifikan. Pihaknya pun belum berencana menginstruksikan memperpanjang pola operasi jam sibuk.

Seperti MRT Jakarta diketahui menerapkan pola operasi jam sibuk yakni pukul 07.00-09.00 dan pukul 17.00-19.00. Pada pola operasi jam sibuk, MRT akan mengurangi headway hanya lima menit dan jumlah rangkaian kereta yang dioperasikan sebanyak 14 rangkaian. Sementara di luar jam sibuk, MRT datang setiap 10 menit sekali dengan hanya tujuh rangkaian yang beroperasi.(OL-7)

Baca Juga

MI/Angga

Pasokan Air di Berbagai Wilayah Jakarta Kembali Normal

👤Insi Nantika Jelita 🕔Minggu 09 Agustus 2020, 09:10 WIB
PT PAM Lyonnaise Jaya (Palyja) menyebut pekerjaan perbaikan pipa air baku dan pekerjaan peningkatan daya listrik di Instalasi Pengolahan...
ANTARA/Aditya Pradana Putra

Hari Ini, Jalur Sepeda di Sudirman-Thamrin Tetap Buka

👤Cindy Ang 🕔Minggu 09 Agustus 2020, 05:58 WIB
Sebanyak 1.610 personel gabungan dikerahkan untuk mengamankan pelaksanaan 29 KKP dan jalur sepeda sementara di kawasan...
ANTARA Foto/Maulana Surya

Perketat Pengawasan di Angkutan Umum

👤Put/Ssr/J-1 🕔Minggu 09 Agustus 2020, 05:28 WIB
Berdasarkan hasil survei yang dilakukan Dishub DKI, seluruh penumpang angkutan umum telah menerapkan protokol kesehatan covid-19, yakni...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya