Senin 13 Juli 2020, 21:28 WIB

Begini Cara Cegah Tertular Covid-19 Jika Harus Naik Angkutan Umum

Insi Nantika Jelita | Humaniora
Begini Cara Cegah Tertular Covid-19 Jika Harus Naik Angkutan Umum

MI/Fransisco Carolio Hutama Gani
Penumpang MRT melakukan jaga jarak dan mengenakan masker

 

BERADA di rumah merupakan hal yang efektif menghindari penularan covid-19. Namun, jika terpaksa berjam-jam harus menggunakan kendaraan umum bagaimana antisipasi tidak terkena droplet virus saat berada di kendaraan umum ber-AC ?

Praktisi Energi dan Perubahan Iklim Dicky Edwin Hindarto mengatakan, kendaraan umum ber-AC adalah tempat yang paling sulit untuk menjaga jarak antar penumpang. Oleh karenanya penggunaan masker, terutama yang berstandar medis atau bahkan rangkap, harus dipakai selama ada di dalam kendaraan umum.

"Pada kendaraan transportasi umum kita perlu lebih waspada, karena kabin penumpang yang relatif kecil, sementara besaran partikel droplet yang lebih besar tentu akan lebih mungkin ikut bersirkulasi dan dihembuskan keseluruh penjuru ruang, sehingga kemungkinan terhisap akan lebih besar," kata Dicky dalam keterangan resminya, Jakarta, Senin (13/7).

Pelindung wajah atau face shield yang selama ini dipakai dianggap Dicky tidak akan efektif karena hanya akan menangkal droplet, tetapi harus dirangkapi dengan masker yang sesuai.

Baca juga : Ini Cara Cegah Penularan Korona Lewat Udara di Gedung ber-AC

"Dari penelitian menyebut pemakaian masker kesehatan atau dengan standar yang lebih tinggi lagi, semacam N95, sangat disarankan apabila memang terpaksa menggunakan transportasi umum," ujar Dicky.

Untuk pesawat terbang dan kereta api, ia menyebut dimungkinkan masyarakat memasang filter khusus untuk mencegah infiltrasi virus di masker N95. Sementara optimasi udara segar dari luar atau fresh air harus juga dilakukan.

Sementara infeksi yang terjadi secara airborne atau udara juga riskan terjadi di bangunan komersial, karena waktu tinggal individu lebih lama dibandingkan dengan rata-rata waktu tempuh di transportasi umum.

Bangunan komersial yang kemudian paling berisiko menjadi pusat infeksi adalah rumah sakit, yang selain kebanyakan menggunakan AC central juga menjadi pusat pengobatan dan penyembuhan dari pasien covid-19. (OL-7)

Baca Juga

AFP/Mohammed Huwais

Penanganan Dini Kunci Sukses Atasi Trauma Mata

👤Eni Kartinah 🕔Sabtu 15 Agustus 2020, 19:20 WIB
Dokter Yunia Irawati, SpM(K), menjelaskan trauma pada mata atau ophthalmic trauma berisiko menurunkan tingkat penglihatan secara...
Antara

Big Data Pendidikan Harus Pertimbangkan Kedaulatan Negara

👤Ihfa Firdausya 🕔Sabtu 15 Agustus 2020, 18:35 WIB
Penggunaan big data di dunia pendidikan bisa dipakai untuk memprediksi arah perjalanan bangsa, di mana kekuatannya, dan...
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Bio Farma Targetkan Suntik 100 Relawan per Hari

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Sabtu 15 Agustus 2020, 18:20 WIB
Relawan yang terdaftar sampai hari ini baru 1.451 dari target 1.620...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya