Senin 13 Juli 2020, 15:11 WIB

Jokowi Singgung DKI Soal Lonjakan Positivity Rate Capai 10,5%

Insi Nantika Jelita | Politik dan Hukum
Jokowi Singgung DKI Soal Lonjakan Positivity Rate Capai 10,5%

Antara
Presiden Joko Widodo

 

PRESDIEN Joko Widodo menyinggung lonjakan positivity rate di DKI Jakarta yang naik dua kali lipat mencapai 10,5%. Ia meminta kepada jajaran menterinya untuk memperhatikan daerah yang masih memiliki kasus positif covid-19 tinggi.

"Saya harapkan yang disampaikan bukan laporan. Kita ingin segera bergerak dilapangan. Karena kondisi seperti di Jakarta, laporan terakhir yang saya terima angka positivity rate-nyamelonjak dari 4 hingga 5% sekarang 10,5%. Betul-betul dijadikan perhatian," ungkap Jokowi dalam tayangan youtube Sekretariat Presiden saat memimpin rapat terbatas di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (13/7).

Jokowi meminta anak buahnya untuk memasifkan testing, tracing, dan treatment untuk penanganan covid-19 di delapan provinsi. Yakni di Jawa Timur, DKI Jakarta, Jawa Barat, Sulawesi Selatan, Jawa Tengah, Sumatera Utara dan Papua.

Di DKI sendiri, kenaikan rasio antara jumlah kasus yang terkonfirmasi positif dengan total pemeriksaan spesimen covid-19 terjadi dalam kurun waktu kurang dari sebulan. Pada (25/6), Gubernur Anies Baswedan menyebut positivity rate di Jakarta masih dibawah 5%.

Baca juga : Didampingi KSAD, Prabowo Titip Pesan Ke Siswa Taruna Nusantara

"Jakarta Alhamdulillah sudah satu bulan ini angka positifnya rata-rata 5%. Bahkan dua hari ini 3,8%. Artinya kondisi di Jakarta terkendali," ujar Anies dalam tayangan youtube Pemprov DKI 'Gebyar Dzikir dan Doa untuk Keberkahan Jakarta', Jakarta, Kamis (25/6).

Namun, pada (12/7) kemarin, Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menyatakan positivity rate di Ibu kota mencapai 10,5%.

"Saya perlu ingatkan, 66% yang kita temukan adalah OTG. Dia tidak sadar bahwa dia sudah terpapar. Kalau saja kita tidak datangi, puskesmas tidak testing, yang bersangkutan tidak sadar. Inilah yang harus ekstra hati-hati," kata Anies dalam tayangaj youtube Pemprov DKI.

Dalam sepekan terakhir, kasus positif covid di Jakarta bertambah diatas 300 kasus. Pada Rabu (8/7) tercatat penambahan 344 kasus. Pada Sabtu (11/) bertambah 359 kasus. Lalu, pecah rekor pada kemarin (12/7) dengan 404 kasus.

Total kasus pun mencapai 14.361 kasus. Dari jumlah tersebut, 9.200 orang dinyatakan telah sembuh, sedangkan 702 orang meninggal dunia. Angka tersebut bisa bertambah lagi sesuai perkembangan data covid-19 di Jakarta. (OL-2)

 

Baca Juga

MI/ROMMY PUJIANTO

Kesehatan dan Ekonomi Beriringan

👤Dhk/P-2 🕔Selasa 04 Agustus 2020, 05:45 WIB
Penanganan dan pengendalian pandemi covid-19 di Indonesia membutuhkan kerja bersama seluruh pihak yang terintegrasi antara satu dan lainnya...
MI/SUSANTO

Birokrasi Atasi Korona Jadi Lebih Panjang

👤Cah/P-2 🕔Selasa 04 Agustus 2020, 05:33 WIB
Pembentukan komite ini tidak ada bedanya karena satgas pun bisa langsung bertanggung jawab kepada presiden. Malah lebih tidak efektif...
ANTARA/SIGID KURNIAWAN

Tancap Gas Tangani Dampak Covid-19

👤Emir Chairullah 🕔Selasa 04 Agustus 2020, 05:27 WIB
Jika dilihat dari besaran stimulus, tarikan kepentingan korporasi lebih dominan ketimbang...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya