Senin 13 Juli 2020, 00:55 WIB

Serangan Gereja Afsel, 5 Orang Tewas setelah 200 Orang Disandera

Serangan Gereja Afsel, 5 Orang Tewas setelah 200 Orang Disandera

AFP
Serangan Gereja Afrika Selatan, 5 Orang Tewas

 

LIMA orang tewas setelah penyerang menyerbu sebuah gereja di Afrika Selatan, dilaporkan di tengah percekcokan atau silang pendapat mengenai kepemimpinannya.

Polisi Afrika Selatan mengatakan mereka telah menyelamatkan pria, perempuan, dan anak-anak dari situasi penyanderaan di pinggiran Johannesburg, Sabtu (11/7) waktu setempat.

Mereka juga telah menangkap sedikitnya 40 orang dan menyita puluhan senjata. Saksi mata mengatakan orang-orang yang menyerbu Gereja Kekudusan Pantekosta Internasional ialah bagian dari kelompok sempalan.

Kepemimpinan gereja dilaporkan telah menjadi subjek pertikaian sejak mantan pemimpinnya meninggal pada 2016. Menurut laporan IOL Afrika Selatan, polisi sebelumnya ditelepon untuk datang ke gereja setelah terjadi tembakmenembak antaranggota pada 2018.

Tahun sebelumnya, keuangan gereja telah menjadi sorotan, di tengah dugaan sekitar 110 juta rand (US$6,5) telah hilang, menurut surat kabar The Sowetan. 

Pada Sabtu, polisi dipanggil ke gereja di Zuurbekom di Rand Barat pada 03.00 waktu setempat. Sejumlah senjata telah ditemukan polisi Juru bicara kepolisian nasional Brigadir Vish Naidoo mengatakan sekelompok penyerang mengindikasikan kepada mereka yang di dalam, mereka datang untuk mengambil alih tempat itu.

Dia mengatakan empat orang telah ditemukan ditembak dan dibakar sampai tewas di dalam mobil, sedangkan seorang penjaga keamanan yang diduga merespons insiden itu, juga ditembak mati.

“Kami sedang menyelidiki beberapa pembunuhan,” kata Naidoo menambahkan, anggota satuan tugas polisi khusus telah menyelamatkan sekitar 200 orang yang dilaporkan disandera di dalam gereja. Sebanyak 5 senapan, 16 senjata lainnya, dan 13 pistol, bersama dengan senjata lainnya ditemukan di gereja yang telah disisir polisi sebagai barang bukti.

Kantor Polisi Afrika Selatan (SAPS) mengatakan, di antara mereka yang ditangkap ialah anggota SAPS, Pasukan Pertahanan Nasional Afrika Selatan, Departemen Kepolisian Metro Johannesburg, dan Departemen Layanan Pemasyarakatan. Gereja Kekudusan Pantekosta Internasional diperkirakan memiliki sekitar tiga juta anggota di Afrika Selatan. (BBC/Hym/I-1)
 

Baca Juga

AFP

India Laporkan 904 Kasus Kematian Harian akibat Covid-19

👤MI 🕔Jumat 07 Agustus 2020, 01:45 WIB
INDIA, pada Kamis (6/8), mencatat jumlah korban harian tertinggi sejak dimulainya wabah virus korona baru (covid19) di negara...
Dok. Istimewa

Malaysia tak Ingin Terjebak Perselisihan Tiongkok-AS

👤MI 🕔Jumat 07 Agustus 2020, 01:15 WIB
MENTERI Luar Negeri Malaysia Hishammuddin Hussein mengatakan negaranya harus memastikan tidak diseret dan...
AFP

Bantuan Kemanusiaan Terus Berdatangan

👤Faustinus Nua 🕔Jumat 07 Agustus 2020, 00:55 WIB
BANTUAN kemanusiaan dari komunitas internasional terus berdatangan untuk korban bencana ledakan dahsyat yang menghancurkan...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya