Minggu 12 Juli 2020, 19:25 WIB

Tujuh Penyelundup 36 Ekor Penyu Ditangkap

Arnoldus Dhae | Nusantara
Tujuh Penyelundup 36 Ekor Penyu Ditangkap

Antara
Ilustrasi : penyu.

 

Tim Sub Direktorat Penegakan Hukum (Gakkum) Direktorat Polisi Perairan Polda Bali berhasil menangkap dan mengamankan tujuh orang dan 36 ekor satwa yang dilindungi yakni penyu hijau di Perairan Serangan Denpasar Bali, Sabtu (11/7).

Puluhan penyu berukuran besar tersebut akan diselundupkan dengan perahu jukung yang diawaki oleh Muhalim sebagai nahkoda dengan 6 ABK-nya. Dir Polairud Polda Bali Kombes Pol Toni Ariadi Effendi mengatakan, setelah ditangkap, tim mengintrogasi para pelaku. Diketahui bahwa penyu-penyu tersebut didapat dengan cara ditangkap di Perairan Kerajakan.

Rencananya akan dibawa ke Serangan Denpasar untuk diserahkan kepada seseorang yang berada di Serangan atas nama Muhayat. "Kita amankan semua, mulai ABK hingga nakodanya. Mereka diduga satu jaringan untuk selundupkan penyu," ujarnya di Denpasar, Minggu (12/7).

Tim Subdit Gakkum Dit Polairud Polda Bali langsung mengamankan dan membawa semua tersangka dan barang bukti berupa 1 (satu) perahu jukung bermesin temple 3 unit 15 PK, dan 36 ekor satwa penyu hijau. Untuk selanjutnya dilakukan pemeriksaan dan pengembangan lebih lanjut. Dalam kasus ini pasal yang dilanggar adalah pasal 21 ayat 2 huruf(a) jo Pasal 40 ayat 4 Undang-Undang No 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya. "Kegiatan ini tidak bisa dibiarkan karena dapat merusak ekosistem dan kelangsungan hidup satwa yang dilindungi, makanya kami tangkap dan kami amankan," tuturnya.

Untuk kepentingan penyelidikan maka 36 penyu berukuran besar tersebut untuk sementara akan ditangkarkan dulu dan dititipkan di BKSDA Denpasar. Setelah penyidikan selesai, puluhan penyu tersebut akan dilepasliarkan kembali ke habitatnya yang sebenarnya. Sementara 7 orang pelaku akan diproses dan dikembangan lagi penyidikannya sesuai hukum. (OL-12)

Baca Juga

MI/PALCE AMALO

Kota Kupang Belum Terapkan Kurikulum Darurat

👤Palce Amalo 🕔Senin 10 Agustus 2020, 00:00 WIB
Kepala Dinas Pendidikan Kota Kupang, Dumul Djami mengatakan kurikum darurat masih akan dikaji bersama para kepala...
medcom

Pemkot Palembang Optimalkan Rumah Sakit Tangani Covid-19

👤Dwi Apriani 🕔Minggu 09 Agustus 2020, 21:59 WIB
Pemerintah Kota Palembang akan mengoptimalkan fungsi sejumlah rumah sakit yang sebelumnya ditunjuk sebagai RS penanganan...
Ilustrasi

Kasus Denny Siregar Dilimpahkan ke Polda Jabar

👤Adi Kristiadi 🕔Minggu 09 Agustus 2020, 17:32 WIB
Polresta Tasikmalaya telah melimpahkan penanganan kasus dugaan tindak pidana penghinaan atau pencemaran nama baik yang dilakukan, oleh...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya