Minggu 12 Juli 2020, 19:16 WIB

Covid-19 di Jepara Meningkat, Ganjar Kirim Tim

Akhmad Safuan | Nusantara
Covid-19 di Jepara Meningkat, Ganjar Kirim Tim

MI/Haryanto
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

 

ANGKA covid-19 di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah kembali meningkat hingga kini terdapat 660 orang positif. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menilai warga menyalah-artikan new normal dan siap menawarkan bantuan ke Jepara dengan cara mengirim tim untuk membantu pelacakan.

Pemantauan Media Indonesia Minggu (12/7) kasus covid-19 di Jepara kembali meningkat, sehari sebelumnya tercatat 626 orang dengan 500 orang diantaranya masih dirawat, kini telah bertambah menjadi 660 kasus dengan 530 orang diantaranya dirawat di beberapa rumah sakit yang ada dan isolasi mandiri di rumah masing-masing.

Data diperoleh dari Dinas Kesehatan Jepara dari jumlah kasus covid-19 tersebut 509 orang merupakan warga Jepara dan 21 orang dari luar daerah dengan 89 orang srmbuh dan 41 orang meninggal. "Peningkatan terbesar terjadi di Kecamatan Jepara Kota yang kini capai 109 orang diikuti Pecangaan 70 orang dan Kedung 66 orang," kata Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 M Fakhrudin.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan peningkatan kasus positif terjadi karena tingkat kedisiplinan warga dalam menerapkan protokol kesehatan masih rendah, selain Itu masyarakat setempat menyalah-artikan kenormalan baru (new normal) karena beranggapan kondisi kembali seperti sebelum pandemi covid-19. "Protokol keseharan sekarang mengalami decline yang cukup tajam, karena gegap gempita kenormalan baru itu banyak diartikan seperti sebelum covid-19," kata Ganjar Pranowo.

Melihat kondisi penyebaran covid-19 di Jepara yang menempati urutan kedua terbanyak setelah Kota Semarang, Ganjar mengaku telah menghubungi Bupati Jepara Dian Kristiandi agar secepatnya menangani korona secepatnya dan sekaligus menanyakan kesulian yang dihadapi dalam mengatasi kondisi ini.

Kesulitan yang dilakukan yakni lakukan pelacakan (tracking), demikian Ganjar Pranowo, harus segera dicarikan jalan keluar, maka ditawarkan bantuan bagi Pemkab Jepara yakni dengan mengirimkan tenaga untuk membantu pelacakan kontak. "Kami langsung kirim bantuan tim untuk membantu penanganan dan kesulitan itu," ungkapnya.

Jawa Tengah mempunyai ratusan tenaga relawan dengan keahlian khusus yang baru saja direkrut, lanjut Ganjar, maka untuk mengatasi semakin mengkhawatitkan perkembangan kasus covid-19 di Jepara maka dikirim ke tim relawan itu ke sana. (OL-12)

Baca Juga

MI/M Yakub

Bupati Tuban Larang Santri Berkegiatan di Luar Pesantren

👤M Yakub 🕔Jumat 07 Agustus 2020, 19:31 WIB
Di antaranya, dengan disiplin menggunakan masker dijadikan sebagai kebiasaan dan budaya baru untuk memutus sebaran wabah...
MI/Gabriel Langga

Pelindo III Teken MoU dengan Kejari Sikka untuk Bantuan Hukum

👤Gabriel Langga 🕔Jumat 07 Agustus 2020, 19:30 WIB
PT. PELABUHAN Indonesia III (Persero) regional Bali Nusa Tenggara, Pelabuhan Maumere menandatangani MoU dengan Kejari Sikka terkait bantuan...
MI/Rendy Ferdiansyah

Mentan Minta Produksi Padi Desa Rias Jadi 7 Ton per Hektare

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Jumat 07 Agustus 2020, 19:23 WIB
Dengan produksi 7 ton per hektare, lanjutnya, petani masih mendapatkan keuntungan hingga Rp10 juta per hektare di luar upah dan pengeluaran...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya