Minggu 12 Juli 2020, 14:28 WIB

Trump Kenakan Masker di Depan Publik untuk Pertama Kali

Faustinus Nua | Internasional
Trump Kenakan Masker di Depan Publik untuk Pertama Kali

AFP
Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

 

PRESIDEN Donald Trump mengenakan masker saat berkunjung ke rumah sakit militer, Sabtu (11/7). Hal itu, merupakaan kali pertama presiden Amerika Serikat tersebut terlihat mengenakan masker wajah di depan umum.

Dikutip AP, Trump terbang dengan helikopter ke National Military Medical Center Walter Reed di pinggiran kota Washington untuk bertemu dengan prajurit militer dan penyedia layanan kesehatan yang merawat pasien Covid-19.

Baca juga: Iran Akui Lakukan Kesalahan Tembak Jet Sipil Milik Ukraina

"Ketika anda berada di rumah sakit, saya pikir itu hal yang hebat untuk memakai masker," kata Trump kepada wartawan ketika akan meninggalkan Gedung Putih, seperti dilansir AP.

Trump mengenakan masker di lorong Walter Reed saat memulai kunjungannya itu. Namun, sebelumnya ketika turun dari helikopter dia tidak mengenakan masker.

Presiden AS dinilai terlambat menggunakan masker selama pandemi. Meski covid-19 telah menyerang di seluruh AS sejak Maret, menginfeksi lebih dari 3,2 juta dan menewaskan sedikitnya 134.000, Trump baru mendukung dan mengenakan masker pada musim panas ini.

Hal serupa juga didukung kebanyakan Republikan terkemuka, termasuk Wakil Presiden Mike Pence. Para gubernur dari partai Republik pun telah mendorong penggunaan masker, lantaran pandemi telah berkembang lebih serius di beberapa negara bagian di selatan dan barat AS.

Baca juga: Penghasilan Minyak Jadi Rebutan Kelompok Bertikai di Libya

Sebelimnya, Trump menolak untuk memakai masker dalam berbagai konferensi, update gugus tugas covid-19, aksi unjuk rasa dan acara publik lainnya.

Orang-orang yang dekat dengannya mengatakan kepada The Associated Press bahwa presiden khawatir masker akan membuatnya terlihat lemah. Dia juga khawatir bahwa hal itu akan mengalihkan fokus ke krisis kesehatan masyarakat daripada pemulihan ekonomi.(AP/OL-6)

Baca Juga

AFP/Franck Fife

Macron, Pemimpin Dunia Pertama yang Kunjungi Ledakan Beirut

👤Faustinus Nua 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 17:23 WIB
Presiden Prancis terbang ke Beirut, Libanon, pada Kamis waktu setempat. Dia dijadwalkan langsung mengunjungi lokasi ledakan, setelah...
Ilustrasi

Covid-19, Papua Nugini Hentikan Operasional Tambang Terbesar

👤Faustinus Nua 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 16:41 WIB
Pandemi virus korona (covid-19) yang telah mewabah di Papua Nugini memaksa penutupan tambang terbesar di negara...
AFP/Prakash Singh

Rekor, India Catat 904 Kematian Akibat Covid-19 dalam Sehari

👤Faustinus Nua 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 16:27 WIB
Hampir 2 juta warga India terinfeksi covid-19. Total kasus kematian akibat covid-19 mencapai 40 ribu orang. Namun, tingkat kesembuhan...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya