Minggu 12 Juli 2020, 13:40 WIB

Pemda DKI Harus Rangkul Bodetabek untuk Hadapi Covid-19

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Pemda DKI Harus Rangkul Bodetabek untuk Hadapi Covid-19

MI/Fransisco Carolio Hutama Gani
Ilustrasi: Warga mengenakan masker dan rajin mencuci tangan

 

EPIDEMIOLOGIS Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Pandu Riono menyarankan Pemprov DKI Jakarta merangkul para kepala daerah di Bodetabek untuk mencegah penularan covid-19.

Pandu menyebut penyebaran covid-19 di Jakarta akan sulit ditekan karena mobilitas warga yang sangat tinggi. Terlebih, sebagian warga yang beraktivitas di Jakarta bukan warga Jakarta melainkan dari daerah Bodetabek.

"Jadi Jakarta sendiri sulit untuk menekan covid-19. Karena sebagian warga kan bukan cuma warga Jakarta. Pemda dari Bodetabek juga harus dirangkul supaya kebijakan dan penekanannya sama," ungkap Pandu saat dihubungi Media Indonesia, Minggu (12/7).

Pandu menyebut kedisiplinan masyarakat dalam melaksanakan tiga langkah yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan adalah kunci untuk mencegah penularan covid-19.

Baca juga: Tertinggi, Kasus Baru Covid-19 Jakarta Tambah 404 Orang Hari Ini

Letak permasalahannya adalah tidak semua daerah memberikan penekanan yang sama soal kedisiplinan tersebut.

Selain itu, pengawasan dan kontrol daerah terhadap pelaksanaan PSBB Transisi di Jakarta atau proporsional di Jawa Barat akan berbeda tergantung kebijakan kepala daerahnya.

"Jadi harus diajak bicara juga Gubernur Jawa Barat dan Gubernur Banten atau sama para bupati serta wali kota jika gubernurnya sulit. Saya kira jangan sungkan atau merasa rendah diri karena hanya berbicara dengan wali kota atau bupati," tutur Pandu.

Untuk diketahui per Minggu (12/7), kasus baru covid-19 di Jakarta kembali mencapai rekor tertinggi yakni 404 kasus. Total kasus covid-19 di Jakarta sejak Maret 2020 mencapai 14.361 kasus. Sementara itu ada 9.200 pasien covid-19 yang telah dinyatakan sembuh dan 691 orang meninggal dunia.(OL-5)

Baca Juga

Antara/Muhammad Iqbal

Kasus Kepemilikan Zat Radioaktif di Serpong Segera Disidang

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Kamis 13 Agustus 2020, 21:49 WIB
Pasalnya, SM menyimpan zat radioaktif di kediamannya, Kompleks Batan Indah, Kota Tangerang Selatan, Banten. Penyimpanan tanpa izin dari...
MI/Fransisco Carolio Hutama Gani

Anies Resmi Perpanjang PSBB Transisi di Jakarta hingga 27 Agustus

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 13 Agustus 2020, 21:23 WIB
Selama periode tersebut, Anies menegaskan pihaknya akan memperketat kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan di ruang...
Antara

Pakai Masker Khusus Tenaga Medis, Wali Kota Depok Kena Tegur

👤Kisar Rajaguguk 🕔Kamis 13 Agustus 2020, 21:19 WIB
WALI Kota Depok Idris Abdul Shomad ditegur oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian lantaran memakai masker yang dikhususkan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya