Minggu 12 Juli 2020, 13:07 WIB

Serangan Hama Belalang di Sumba Timur Meluas

Palce Amalo | Nusantara
Serangan Hama Belalang di Sumba Timur Meluas

ANTARA/Hendra Nurdiyansyah
Ilustrasi: Hama Belalang di Gunungkidul

 

SERANGAN hama belalang kembara (locusta migratoria) di Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) meluas. Sesuai laporan Minggu (12/7), serangan hama belalang telah mencapai 13  titik termasuk Bandar Udara Umbu Mehang Kunda di Waingapu, ibu kota Kabupaten Sumba Timur. Sebelumnya serangan hama belalang dilaporkan di tiga titik.

"Selain positif covid-19 bertambah, hama belalang juga sudah menyerang di 13 titik, tentunya kita butuh kewaspadaan yang luar biasa," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumba Timur Mikail Kalilaki.

Menurutnya, petugas gabungan bersama petugas dari dinas pertanian telah melakukan penyemprotan pestisida di bandara untuk mengantisipasi koloni belalang bertambah. Saat ini serangan hama belalang belum mengganggu aktivitas penerbangan, namun pemerintah daerah tetap waspada.

"Kita berharap tidak sampai mengancam keselamatan pesawat," imbuhnya.

Baca juga: Pilih PCR, Kunci Sumbar Kendalikan Korona

Belalang juga menyerang lahan pertanian warga, namun sampai saat ini belum ada laporan kerugian yang diderita petani. Dia berharap seluruh organisasi perangkat daerah dan masyarakat bersama-sama menangani serangan hama tersebut.

Menurutnya, serangan hama belalang membuat pemerintah daerah kewalahan karena harus berbagi peran antara menangani pandemi korona dan hama belalang. Selain ikut membasmi hama, petugas BPBD juga ikut melakukan pemeriksaan penumpang pesawat mengantisipasi penyebaran virus korona.(OL-5)
 

Baca Juga

MI/ANDRI WIDIYANTO

Tim Gabungan di Cianjur mulai Razia Masker

👤Benny Bastiandy 🕔Senin 10 Agustus 2020, 14:10 WIB
Tingkat kepatuhan dan kedisplinan masyarakat Kabupaten Cianjur, Jawa Barat untuk menggunakan masker masih relatif rendah. Terbukti banyak...
ANTARA/Ho Astra Cipali

Ini Kronolgi Kecelakaan di Tol Cipali yang Tewaskan 8 Orang

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 10 Agustus 2020, 12:21 WIB
Kecelakaan tersebut terjadi pada jam 03.30 WIB di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) Km 184.300, tepatnya di Desa Ciwaringin, Kecamatan...
ANTARA/FB Anggoro

Pemkot Pekanbaru Gelar Razia Masker

👤Rudi Kurniawansyah 🕔Senin 10 Agustus 2020, 10:49 WIB
Warga yang kedapatan tidak memakai masker dikenakan sanksi denda uang sebesar Rp250 ribu untuk motor roda dua, dan Rp1 juta untuk mobil...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya