Minggu 12 Juli 2020, 09:58 WIB

Dinas PPPA Daerah Beri Paket Tambahan untuk Gizi Anak

Ihfa Firdausya | Humaniora
Dinas PPPA Daerah Beri Paket Tambahan untuk Gizi Anak

Dok: Kementerian PPPA
Penyerahan paket kebutuhan spesifik untuk anak

 

MENTERI Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga memberikan apresiasi tinggi kepada Dinas PPPA di provinsi dan kabupaten/kota. Apresiasi ini terkait pemberian paket pemenuhan kebutuhan spesifik anak di daerah secara serentak, Sabtu (11/7).

Pemberian paket ini merupakan rangkaian kegiatan Hari Anak Nasional (HAN) yang puncaknya jatuh pada 23 Juli 2020.

"Hari Anak Nasional tahun ini mengangkat tema Anak Terlindungi, Indonesia Maju. Artinya, ini harus berlaku bagi anak-anak di seluruh Indonesia, tanpa terkecuali. Seluruh anak Indonesia harus Gembira di Rumah, khususnya pada saat pandemi seperti ini,” ujar Menteri Bintang seperti dikutip dari keterangan resmi, Minggu (12/7).

Sebanyak 21.630 paket pemenuhan kebutuhan spesifik, khususnya kepada anak-anak dalam perlindungan khusus dan kelompok rentan diberikan serentak di 25 provinsi. Sementara provinsi lainnya akan dilakukan dalam waktu dekat sebelum Puncak HAN 2020.

Di beberapa daerah, pemberian paket pemenuhan kebutuhan spesifik anak dipimpin langsung oleh kepala daerah di antaranya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba.

Paket pemenuhan kebutuhan spesifik ini berisi antara lain konsumsi tambahan untuk pemenuhan gizi anak.

Baca juga: KemenPPPA Beri Pendampingan Korban Eksploitasi Seksual WN Prancis

Menurut Bintang, perhatian khusus harus diberikan kepada kelompok rentan, salah satunya anak. Kelompok rentan ini, katanya, memiliki kebutuhan spesifik yang berbeda dengan kebutuhan masyarakat pada umumnya.

"Oleh karenanya, kebutuhan-kebutuhan yang spesifik ini harus menjadi perhatian kita bersama, baik pemerintah pusat, provinsi dan daerah. Hal ini termasuk dengan mengajak dunia usaha, organisasi non pemerintah (NGO), dan tokoh masyarakat untuk selalu berkolaborasi dan saling mendukung dalam upaya pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak,” jelasnya.

Di sisi lain, Menteri Bintang juga mengapresiasi Kementerian Sosial melalui Direktorat Rehabilitasi Sosial dan Balai/Loka Anak Yang Memerlukan Perlindungan Khusus (AMPK) yang ikut terlibat dalam pemberian paket pemenuhan kebutuhan spesifik. Paket tersebut didistribusikan kepada sekitar 9.800 anak di 593 Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA).

Tak lupa, Menteri Bintang juga memberikan apresiasi kepada Kementerian Hukum dan HAM yang memberikan paket pemenuhan kebutuhan spesifik bagi anak-anak di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) sesuai dengan kemampuan LPKA masing-masing.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan dan sinergi bersama antara Kemen PPPA, Kemensos, dan Kemenkumham demi kepentingan terbaik bagi anak. Pemberian bantuan serentak ini diharapkan meringankan beban anak-anak yang selama ini sudah cukup sulit, ditambah kondisi covid-19 yang menimpa kegara kita saat ini," ungkapnya.

"Kami juga berharap anak-anak Indonesia dapat terlindungi dari Covid-19, sehat, ceria dan dapat merajut mimpi-mimpi di masa depan,” pungkas Bintang.(OL-5)

Baca Juga

ANTARA/Jojon

AAJI Kerja Sama dengan BenihBaik.com Bantu Guru Terdampak Pandemi

👤Retno Hemawati 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 04:00 WIB
Bantuan disalurkan melalui Benihbaik.com, sebagai platform crowdfunding yang terpercaya, dengan nominal sebesar Rp300...
Dok. Instagram

Livi Zheng Melangkah Maju

👤Zubaedah Hanum 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 02:35 WIB
MUDA dan perempuan. Dalam sekali tepukan, sutradara Livi Zheng, 31, berhasil mematahkan anggapan bahwa orang muda dan perempuan ialah kaum...
Dok. Kevin Aprilio

Kevin Aprilio Berkali-kali Tertunda Akhirnya Menikah Juga

👤MI 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 02:15 WIB
MEMUTUSKAN untuk menikah di masa pandemi covid-19 menjadi sebuah keputusan besar yang diambil musikus Kevin...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya