Minggu 12 Juli 2020, 08:09 WIB

Pakar Medis Ingatkan Potensi Kasus Covid-19 dari Olimpiade Tokyo

Antara | Olahraga
Pakar Medis Ingatkan Potensi Kasus Covid-19 dari Olimpiade Tokyo

AFP/CHARLY TRIBALLEAU
Logo Olimpiade Tokyo

PAKAR kesehatan Jepang mengingatkan adanya potensi penambahan jumlah penderita positif covid-19 jika ajang olahraga Olimpiade Tokyo tetap dilaksanakan.

Dengan sisa waktu hanya satu tahun dan belum adanya vaksin, pakar medis mengatakan situasi ini bisa menimbulkan risiko kesehatan yang serius bagi masyarakat Jepang. Hanya sedikit orang yang akan memiliki antibodi, pun vaksin belum bisa tersedia secara luas.

Keberhasilan Jepang dalam mengatasi virus adalah bagian dari alasan munculnya peringatan tersebut. Sebuah survei pemerintah baru-baru ini menunjukkan hanya 0,1% penduduk Tokyo yang memiliki antibodi covid-19. Itu jauh lebih rendah dari negara bagian New York dengan angka 14% di bulan April dan 7% di Stockholm.

"Infeksi akan terjadi terus jika kita tetap bersikukuh melaksanakan olimpiade. Tidak ada keraguan tentang itu," kata seorang dokter di tim pengendalian infeksi Rumah Sakit Universitas Osaka, Daiichi Morii, Minggu (12/7).

Baca juga: Ditargetkan Juara Olimpiade, Tekanan Minions Semakin Besar

Penyelenggara Olimpiade dan pemerintah Jepang berusaha keras mencari langkah-langkah agar pandemi tidak menggagalkan acara tersebut.

Kepala Komite Penyelenggara Olimpiade Tokyo Yoshiro Mori juga mengutarakan rencananya untuk membentuk satuan tugas dengan pemerintah pusat dan kota Tokyo pada bulan September. Mereka mengakui, rencana konkret tidak mungkin dibentuk sebelum akhir tahun ini.

Kondisi ini membuat ilmuwan dan ahli medis prihatin tentang prediksi keadaan di musim panas mendatang atau pada pelaksanaan olimpiade yang dijadwalkan ulang.

"Virus ini hampir tidak terkendali meskipun pemerintah menghentikan arus masuk orang dari luar negeri. Dengan pelaksanaan ajang seperti Olimpiade, virus pasti akan masuk dan jumlah infeksi akan meningkat tak terelakkan," imbuh Morii.

Dalam sebuah survei di Tokyo yang dilakukan harian Asahi Shinbun akhir bulan lalu menunjukkan 59% koresponden berharap olimpiade dibatalkan atau ditunda lagi. Hal ini karena adanya kekhawatiran publik pada pandemi yang masih terjadi.(OL-5)

Baca Juga

AFP/WILL OLIVER

Vettel Frustrasi dengan Strategi Ferarri

👤Deden Muhamad Rojani 🕔Senin 10 Agustus 2020, 18:26 WIB
Sebastian Vettel frustrasi dengan hasil balapannya di Grand Prix HUT ke-70 Silverstone. Dia mengatakan strategi Ferrari tidak masuk akal...
AFP/ Kevin C Cox/Getty Images

Lillard Cetak 51 Poin, Trail Blazers Tekuk Sixers

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 10 Agustus 2020, 12:39 WIB
Portland memangkas jarak menjadi setengah gim dari tim urutan delapan Memphis Grizzlies dalam persaingan di Wilayah...
AFP/EZRA SHAW / GETTY IMAGES NORTH AMERICA

Sebut Booker Harus Tinggalkan Suns, Green Didenda

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 10 Agustus 2020, 08:21 WIB
Green didenda karena pernyataannya saat menjadi komentator tamu di stasiun televisi TNT, Jumat (7/8), kala mengatakan Booker seharusnya...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya