Minggu 12 Juli 2020, 07:30 WIB

Jelang Pembukaa, Karyawan GLZoo Jalani Rapid Test

Agus Utantoro | Nusantara
Jelang Pembukaa, Karyawan GLZoo Jalani Rapid Test

MI/Agus Utantoro
Gembira Loka Zoo bersiap untuk dibuka kembali

 

RATUSAN karyawan Kebun Binatang Gembira Loka (GLZoo) Yogyakarta menjalani rapid test. Manajer Pemasaran GLZoo mengatakan hal tersebut merupakan bagian dari upaya pembukaan kembali kebun binatang di tengah situasi pandemi.

"GLZoo  sejak 22 Maret lalu tutup akibat pandemi covid-19. Sebagian karyawan pun dirumahkan. Jelang pembukaan, kami lakukan rapid test kepada karyawan yang nantinya akan bersinggungan langsung dengan pengunjung," kata Manajer Pemasaran GLZoo Yosi, Sabtu (11/7).

Upaya lain yang dilakukan manajemen guna bisa membuka kembali kebun binatang yakni menambah fasilitas yang memenuhi standar sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan covid-19.

"Kami juga sudah melakukan simulasi, menghadirkan karyawan yang selama ini dirumahkan juga," ucapnya.

Pelaksanaan simulasi disaksikan langsung oleh Dirut GLZoo KMT A Tirtodiprojo. Melalui simulasi, diharapkan, karyawan mampu menerapkan protokol kesehatan di lingkungan GLZoo dengan baik termasuk ketika menghadapi  pengunjung.

Baca juga: GLZoo Siap Terima Kunjungan Wisatawan

Simulasi bermula dari saat pengunjung tiba di lokasi parkir GLZoo, mengantre pembelian tiket hingga saat berada di lingkungan GLZoo.

Rapid test atau tes cepat dilaksanakan di ruang parkiran barat dan timur GLZoo. Mereka yang diwajibkan rapid test sebelum kebun binatang dibuka yakni kasir tiket, petugas portir, satpam, petugas pencatat suhu tubuh, karyawan wahana darat maupun wahana air. Pemeriksaan rapid dilakukan oleh petugas Puskesmas Umbulharjo I dan Puskesmas Kotagede II.

Kebun binatang terbesar di Jateng/DIY ini rencana kembali akan buka mulai akhir Juli setelah karyawan benar-benar siap melaksanakan protokol kesehatan. Karena itu, manajemen GLZoo masih akan melaksanakan simulasi internal dan mengevaluasi, agar karyawan terbiasa melayani pengunjung di era kenormalan baru. Nantinya, pengunjung hanya bisa masuk melalui pintu barat Jalan Veteran.(OL-5)

Baca Juga

Antara/Sastrawan Ginting

Sinabung Kembali Erupsi, Posko dan Dapur Umum Diaktifkan

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Senin 10 Agustus 2020, 18:37 WIB
Sehari sebelumnya, Gunung Sinabung mengeluarkan abu vulkanik dengan ketinggian 2.000 meter. Hari ini, erupsi Gunung Sinabung memiliki...
ANTARA/SYAIFUL ARIF

Satgas Ingatkan Hati Hati Membuka Sekolah Tatap Muka

👤Faishol Taselan 🕔Senin 10 Agustus 2020, 18:35 WIB
Penentuan tatap muka harus hijau dulu, Rate of Transmision (Rt) haru di bawah 1 dulu. Artinya, penularan turun atau tidak ada...
MI/Hijrah

Nasib Pelaku yang Menangkap Ikan Pakai Bahan Peledak Rakitan

👤Hijrah Ibrahim 🕔Senin 10 Agustus 2020, 18:00 WIB
Direktorat Polisi Air dan Udara Polda Maluku Utara menangkap 2 orang warga Sulawesi Tengah dan Sulawesi Utara yang menangkap ikan...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya