Minggu 12 Juli 2020, 06:50 WIB

5 Orang Tewas dalam Insiden Serangan di Gereja Afrika Selatan

Faustinus Nua | Internasional
5 Orang Tewas dalam Insiden Serangan di Gereja Afrika Selatan

medcom.id
ilustrasi penembakan

 

SERANGAN bersenjata di salah satu gereja di Kota Johannesburg, Afrika Selatan, menewaskan lima orang. Pihak kepolisian telah menangkap sebanyak 40 orang dan menyita puluhan senjata dalam kejadian tersebut.

Insiden yang terjadi pada Sabtu (11/7) pagi itu dipicu oleh adanya perselisihan terkait kepemimpinan. Sekelompok orang bersenjata menyerbu gereja International Pentecostal Holiness Church di Zuurbekom, Johannesburg.

Pihak Polisi Afrika Selatan Jenderal Khehla John Sitole mengatakan, pihaknya beregegas datang ke lokasi usai mendapat laporan dan menemukan empat orang tewas dengan kondisi ditembak dan dibakar dalam sebuah mobil, sementara satu lainnya yang merupakan penjaga keamanan ditemukan tewas karena tertembak di kendaraan lain.

Polisi juga mengamankan sejumlah barang bukti. Ditemukan lebih dari 34 senjata api termasuk 5 senapan, 16 senjata lainnya dan 13 pistol di lokasi tersebut.

"Reaksi cepat pasukan keamanan gabungan telah mencegah sesuatu hal yang bisa menjadi pertumpahan darah lebih parah," kata Khehla John Sitole.

Baca juga: Afrika Selatan Laporkan 10.000 Kasus Baru Korona Dalam 24 Jam

Hingga kini, pihak berwenang masih menyelidiki kasus tersebut. Polisi mengatakan motivasi penyerangan itu mungkin terkait perselisihan antara pihak-pihak yang bertikai di gereja.

Adapun, Gereja International Pentecostal Holiness Church diyakini sebagai gereja terbesar kedua dan terkaya di Afrika Selatan. Diperkirakan mempunyai anggota sekitar 1,5 juta orang.

Media lokal melaporkan, pada November 2018, baku tembak antara pihak-pihak yang bertikai telah melukai 3 orang. Pada 2017, kelompok yang bertikai pergi ke pengadilan untuk mengklaim sekitar 6,5 juta dolar AS hilang dari kas gereja.(Hym/France24)

Baca Juga

AFP

Michelle Obama Berbagi Pengalaman Soal Menopause

👤Bagus Pradana 🕔Sabtu 15 Agustus 2020, 03:35 WIB
Michelle itu juga menceritakan pengalaman suaminya, Barack Obama, yang menurutnya mulai terbiasa dan mahfum saat berada di sekitar wanita...
AFP/PIERRE ALBOUY.

WHO Sebut Kendala Utama Membuka Sekolah Kembali saat Pandemi

👤Antara 🕔Jumat 14 Agustus 2020, 23:40 WIB
Dua dari lima sekolah di seluruh dunia mengalami krisis fasilitas untuk mencuci tangan, yang berdampak pada sekitar 818 juta...
AFP PHOTO / Lionel BONAVENTURE

Kurangi Pesta, Airbnb Batasi Pengguna di Bawah 25 Tahun

👤Antara 🕔Jumat 14 Agustus 2020, 23:35 WIB
Airbnb sejak tahun lalu mulai bertindak karena banyak pengguna membuat pesta penuh kegaduhan yang mengganggu lingkungan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya