Minggu 12 Juli 2020, 03:05 WIB

Pemkot Medan Perkuat Manajemen Aset Daerah

Yoseph Pencawan | Nusantara
Pemkot Medan Perkuat Manajemen Aset Daerah

ANTARA
Kantor Wali Kota Medan, Sumatera Utara

 

PEMERINTAH Kota Medan, Sumatera Utara menegaskan komitmennya untuk meningkatkan kinerja manajemen aset daerah berdasarkan Permendagri Nomor 19 Tahun 2016.

Kepala Badan Pengelola Keuangaan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Medan Tengku Ahmad Sofyan mengutarakan, Pemkot Medan telah mendapatkan dukungan penuh dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam upaya menyelamatkan aset-aset daerah. "Banyak persoalan yang terkadang di luar kewenangan Pemkot Medan," ujarnya, Sabtu (11/7).

Namun demikian, dengan dukungan KPK ia meyakini pemkot akan lebih mampu menyelamatkan aset-aset daerah dengan berpanduan kepada Permendagri Nomor 19 Tahun 2016 tentang Pengelolaan Barang Milik Daerah. Berbagai penguatan juga akan dapat dilakukan pemkot dalam mengidentifikasi dan menginventarisir  aset-aset daerah. Dengan begitu, laporan pertanggungjawaban keuangan dan aset akan semakin baik ke depan.

Tidak hanya laporan keuangan saja yang baik, tetapi juga laporan aset yang sesuai aturan dan dapat dipertanggungjawabkan dengan baik. Selama ini terdapat beberapa persoalan aset daerah yang dihadapi Pemkot medan. Seperti belum disertifikatkan, tumpang tindih aset dengan instansi lain, diklaim pihak lain, atau penyalahgunaan pemanfaatan.

"Untuk itu diperlukan manajemen aset untuk legalisasi aset, kejelasan status kepemilikan aset serta pemanfaatan aset yang bertanggung jawab, efektif dan efisien," paparnya.

Hingga saat ini pun masih ada beberapa aset-aset Pemkot Medan yang sedang berperkara di pengadilan dan dikuasai oleh pihak ketiga. (R-1)

Baca Juga

Humas Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan

Peran KPH Strategis Lindungi Kawasan Hutan Meratus

👤Denny Susanto 🕔Selasa 04 Agustus 2020, 07:45 WIB
Guna melindungi kawasan hutan Meratus Kalimantan Selatan yang masuk kategori paru-paru dunia ini Pemerintah Provinsi Kalsel membentuk...
MI/Lilik Darmawan

Jalan Kesejahteraan di Perbukitan Petahunan

👤Lilik Darmawan 🕔Selasa 04 Agustus 2020, 07:06 WIB
Program Tentara Nasional Indonesia Manunggal Membangun Desa Sengkuyung Reguler ke-108 Kodim 0701 Banyumas menyelesaikan jalan desa yang...
Istimewa

Kadishut Kalsel Jabat Sekretaris Ditjend Planologi KLHK

👤Denny Susanto 🕔Selasa 04 Agustus 2020, 06:44 WIB
Selama menjabat Kepala Dinas Kehutanan Kalsel, Hanif dinilai berhasil menggelorakan Gerakan Revolusi Hijau dan Taman Hutan Hujan Tropis...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya