Minggu 12 Juli 2020, 02:40 WIB

Padi Reborn Dari Panggung Musik ke Layar Kaca

Galih Agus Saputra | Humaniora
Padi Reborn Dari Panggung Musik ke Layar Kaca

MI/Fathurrozak 
Grup band Padi Reborn

 

SETELAH bersatu kembali dalam Padi Reborn, Andi Fadly, Ari Tri, Surendro Prasetyo, Rindra Risyanto, dan Satriyo Yudi Wahono tak hentinya berkreasi. Pandemi tidak menyurutkan langkah mereka dalam bermusik.

Berkolaborasi dengan salah satu stasiun televisi nasional, band asal Surabaya itu meluncurkan program bincang berjudul Padi Reborn, sang Penghibur. Siaran perdananya berlangsung pukul 21.00 WIB, Jumat (17/7). 

Tidak hanya menyanyi, dalam program tersebut para personel juga akan tampil sebagai host atau pembawa acara. Sang gitaris, Satriyo Yudi Wahono atau lebih dikenal Piyu, 46, menjelaskan program itu dirancang untuk mengadopsi nilai-nilai yang selama ini menjadi pakem Padi Reborn dalam bermusik. Diharapkan, acara tersebut dapat menjadi sarana bagi musisi ataupun tokoh publik untuk memamerkan karya sekaligus berbagi kisah inspiratif yang dimilikinya.

“Sebagai tuan rumah, ada nilai-nilai yang harus dijaga. Kami berharap bisa menggali narasumber tanpa kami terlihat seperti menggurui, tetapi samasama belajar,” ujar Piyu.

Menurutnya, semua personel Padi Reborn akan berusaha mencari inspirasi dari narasumber karena menjadi host artinya menjadi perpanjangan tangan dari pemirsa. Vokalis Padi Reborn Fadly, 45, mengaku tampil sebagai pembawa acara dalam program bincang seperti ini merupakan pengalaman pertama bagi dia dan rekan-rekannya.

Oleh karena itu, mereka berusaha mempersiapkan penampilan perdananya dengan mencari referensi dan mengeksplorasi karakter masingmasing. Fadly mengakui lebih banyak mendengarkan podcast untuk menambah pengetahuannya menjadi host.

“Ada banyak yang bagus, pintar dalam menggali informasi, dan punya adab yang baik. Bagi kami, penghormatan terhadap tamu itu yang paling penting. Kami harus memberikan rasa nyaman kepada tamu dan tidak terkesan asyik sendiri,” tuturnya.


Berbagi peran

Program sang Penghibur diambil dari salah satu hit mereka dengan judul sama di album Tak hanya Diam yang dirilis pada 2007. Seperti beraksi di atas panggung, Ari, 45, sang gitaris, menambahkan kerja sama tim juga mutlak diperlukan kala menjadi host.

“Dengan adanya lima orang sebagai host itu sebenarnya jauh lebih sulit. Kami harus menimpali dengan baik, tapi juga tetap menjaga benang merah nya. Kami berbagi peran, misalnya, aku bagian komentar, sedangkan Fadly yang mengembalikan ke track. Kami semua harus bisa membaca situasi dan responsif,” katanya.

Rindra Noor, 47, bassist Padi Reborn, menambahkan, menjadi host tidak lantas meninggalkan peran mereka sebagai musikus dan pemain band.

“Kami mencoba menjawab harapan dari banyak orang yang merasa bahwa acara musik sudah sangat jarang. Akan ada banyak untold stories yang kami ungkap,” pungkasnya. (H-2)

Baca Juga

Dok. Pribadi

Anak Muda sebagai Ujung Tombak Penjaga Lingkungan

👤MI 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 02:10 WIB
KELESTARIAN lingkungan hidup ialah tanggung jawab bersama, tak terkecuali anak...
Dok. Pribadi

Kampanye Lingkungan melalui Fesyen

👤Bagus Pradana 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 01:45 WIB
SELALU ada hikmah di balik musibah. Begitu kata orang, apa lagi bagi mereka yang selalu berpandangan...
Antara/Ampelsa

Pasien Covid-19 Meninggal Dunia, Ini Potensi Penyebabnya

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Rabu 05 Agustus 2020, 23:59 WIB
Diantaranya penanganan yang terlambat, penderita penyakit tidak menular hingga kesediaan fasilitas...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya