Sabtu 11 Juli 2020, 22:10 WIB

Masyarakat Dituntut Lebih Disiplin Terapkan Protokol Kesehatan

Bayu Anggoro | Humaniora
Masyarakat Dituntut Lebih Disiplin Terapkan Protokol Kesehatan

DOK MI
Ilustrasi

 

MASYARAKaT diminta untuk kembali mendisiplinkan diri menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker serta menjaga jarak dengan disiplin. Masyarakat dinilai merupakan garda terdepan dalam melawan covid-19.

"Banyak bukti ilmiah bahwa memakai masker dan jaga jarak dapat mencegah penularan," kata staf pengajar Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, Bony Wiem Lestari, Sabtu (11/7)

Dia mengaku sebelumnya telah memprediksi lonjakan kasus positif krorana seperti di Jawa Barat akan terjadi. "Sekarang kasus positif di Jabar 4.951. Tidak beda jauh dengan estimasi kami di angka 5.000 kasus positif," ujarnya.

Menurutnya, terdapat tiga kemungkinan yang terjadi melihat dari data positif yang tersaji saat ini. Pertama, laju infeksi memang sedang terjadi."Prediksi kami menunjukkan satu bulan ke depan masih akan naik," katanya.

Kedua, efek peningkatan tes masif seperti yang saat ini sedang dilakukan Jawa Barat dalam mengejar target sesuai teori WHO.

"Ketiga, pelimpahan administrasi. Jabar berpotensi menerima limpahan kasus dari provinsi lain, dalam arti tertular di provinsi lain tapi karena KTP-nya Jabar maka dihitung sebagai kasus warga Jabar," katanya. (R-1)

 

Baca Juga

Antara

Polda Akan Minta Kesaksian Sejumlah Ahli dalam Kasus Anji

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Selasa 11 Agustus 2020, 20:31 WIB
Penyidik juga akan meminta keterangan ahli sosial hukum dan ahli IT dan ahli yang paham soal klaim obat herbal Hadi Pranoto yang disebut...
Kemensos

Mensos Ajak Dunia Usaha Gencarkan CSR

👤Ihfa Firdausya 🕔Selasa 11 Agustus 2020, 20:05 WIB
Adanya forum CSR, kata Edi, akan menjadi suatu kemitraan strategis dan harmonis antara Kementerian Sosial, Forum CSR, serta dunia...
MI/Vicky Gustiawan

Sekolah di 14 Daerah di Sumbar Bisa Gelar Sekolah Tatap Muka

👤Yose Hendra 🕔Selasa 11 Agustus 2020, 19:55 WIB
Peningkatan angka kasus covid-19 di Sumbar belakangan membuat peralihan status daerah di Sumbar berdasarkan zona di era pandemi ini terjadi...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya