Sabtu 11 Juli 2020, 15:35 WIB

Kemenperin Ingatkan Pentingnya Kekayaan Intelektual bagi IKM

M Iqbal Al Machmudi | Ekonomi
Kemenperin Ingatkan Pentingnya Kekayaan Intelektual bagi IKM

MI/M Taufan SP Bustan
Dirjen IKMA Kemenperin, Gati Wibawaningsih

 

KEMENTERIAN n Perindustrian (Kemenperin) mengingatkan pentingnya perlindungan kekayaan intelektual (KI) pada industri kecil menengah (IKM). Sebab perlindungan KI bagi pelaku usaha penting dalam perluasan jaringan pemasarannya.

Dirjen Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin, Gati Wibawaningsih mengatakan KI merupakan salah satu hal penting dalam perjanjian perdagangan internasional yang pelaksanaannya diatur dan diawasi oleh World Intelectual Property Organization (WIPO).

Apalagi, Indonesia sebagai anggota World Trade Organization (WTO) telah meratifikasi perjanjian-perjanjian internasional yang berkaitan dengan KI dan telah mengimplementasikannya dalam bentuk peraturan perundang-undangan.

“Partisipasi para pembina sektor IKM sangat dibutuhkan untuk memecahkan permasalahan, termasuk tentang meningkatkan kesadaran dan pemahaman pentingnya perlindungan KI kepada pelaku usaha dan masyarakat pada umumnya dalam berbagai kegiatan pembinaan IKM yang dilakukan,” kata Gati melalui keterangan resminya, Sabtu (11/7).

Upaya Kemenperin dalam memberikan fasilitas perlindungan KI kepada pelaku usaha atau IKM dengan memberikan klinik HKI-IKM.

Sampai tahun 2019, Ditjen IKMA telah memfasilitasi pendaftaran 4.374 merek, 1.258 hak cipta, 79 desain industri, 17 paten dan 3 indikasi geografis.

“Kami juga telah melatih sebanyak 1075 fasilitator KI, baik pada tingkat pemula maupun tingkat lanjutan,” ujar Gati.

Gati berharap, fasilitator KI mampu menjadi mitra kerja aktif dengan Klinik Konsultasi HKI-IKM Ditjen IKMA Kemenperin dalam memberikan konsultasi dan fasilitasi subjek-subjek KI bagi pelaku IKM, mulai dari merek, hak cipta, paten, desain industri, indikasi geografis, rahasia dagang sampai desain tata letak sirkuit terpadu. (E-1)

Baca Juga

Antara

Jutaan Pelaku UMKM Terancam Gulung Tikar

👤Despian Nurhidayat 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 14:50 WIB
Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DKI Jakarta Diana Dewi mengungkapkan, sebanyak 85,42% dari seluruh pelaku usaha mikro, kecil dan...
Ilustrasi

Ini Data Center Program Unggulan Bagi UKM

👤Suryani Wandari Putri Pertiwi 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 14:46 WIB
PT Permodalan Nasional Madani (PNM) (Persero) mengenalkan ruangan berisi sejumlah layar yang menampilkan data-data lengkap mengenai program...
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

DPR: Bantuan untuk Karyawan Swasta Harus Tepat Sasaran

👤Putri Rosmalia Octaviyani 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 14:40 WIB
Artinya pendataan yang ada harus baik dan dari hasil pendataan itu bisa diterima oleh yang memang betul-betul memerlukan dan sesuai...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya