Sabtu 11 Juli 2020, 11:40 WIB

Eijkman: Virus Bertahan 8 Jam di Udara

Atalya Puspa | Humaniora
Eijkman: Virus Bertahan 8 Jam di Udara

MI/ANDRY WIDYANTO
Kepala Institut Biologi Molekuler Eijkman Amin Soebandrio

 

ORGANISASI Kesehatan Dunia (WHO) lewat Scientific Brief (rangkuman ilmiah) yang diperbarui, Kamis (9/7), memaparkan beberapa kemungkinan covid-19 menular lewat udara.

Menanggapi hal itu, Kepala Lembaga Biologi Molekuler Eijkman Amin Soebandrio mengungkapkan, meskipun penelitiannya masih terus diperbarui, namun masyarakat harus tetap waspada. Amin menyebut, virus yang berada di udara dapat bertahan selama 8 jam.

"Airbone di udara sampai 8 jam. Cukup lama. Dan akan lebih jauh menjangkaunya. Kalau droplet (cipratan) kan jatuh sejauh 2 meter," kata Amin di Jakarta, Sabtu (11/7).

Baca juga: Flu Babi G4 belum Ditemukan di Indonesia

Amin memaparkan, penularan lewat udara dimulai dari droplet yang kemudian menguap dan menjadi partikel sangat kecil. Hal itu kemudian memungkinkan penularan jarak jauh.

"Misalnya di kendaraan umum, di gerbong kereta. Orang bersin di ujung gerbong, yang ujung satu lagi bisa kena juga," ucapnya.

Untuk itu, dirinya menekankan pentingnya penggunaan masker dan rajin mencuci tangan untuk menghalau virus masuk ke dalam tubuh.

Pada kesempatan yang sama, Ahli Epidemiologi dari Universitas Indonesia Pandu Riono mengungkapkan, selain tertib menggunakan masker, masyarakat juga diimbau untuk menghindari ruangan tertutup untuk mencegah penularan.

"Sirkulasi ruangan harus dijaga. Kalau harus ada di satu ruangan, pakai masker. Kalau di indoor buka saja udaranya, yang penting ventilasi. Prinsip sirkulasinya harus baik agar udara yang ada dalam ruangan jangan di situ-situ saja. Makanya , dalam hal ini juga semua harus memperbaiki seluruh sistem ventilasi yang tertutup," tandasnya. (H-3)

Baca Juga

ANTARA/Nyoman Hendra Wibowo

KBM Tatap Muka di Sekolah Perlu Didukung Performa Atasi Covid-19

👤Dwi Tupani 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 14:14 WIB
"Pertimbangan untuk membuka sekolah harus diimbangi dengan meningkatnya performa pemerintah dalam mengatasi pandemi...
MI/FRANSISCO CAROLIO HUTAMA GANI.

UGM: Jangan Mudah Percaya Klaim Penemuan Obat Covid-19

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 14:04 WIB
Guru Besar Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada (UGM) Zullies Ikawati meminta masyarakat agar tidak mudah percaya terhadap klaim...
Antara/Arif Firmansyah

BPOM: Belum Ada Obat Herbal untuk Sembuhkan Covid-19

👤Atalya Puspa 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 13:20 WIB
Badan POM RI memastikan pihaknya sampai saat ini tidak pernah memberikan persetujuan klaim khasiat obat herbal yang dapat menyembuhkan...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya