Sabtu 11 Juli 2020, 09:00 WIB

40 RS di FLorida Kewalahan Tangani Pasien Korona

Indrastuti | Internasional
40 RS di FLorida Kewalahan Tangani Pasien Korona

AFP/MARIO TAMA
Seorang pekerja mengenakan alat pelindung diri memeriksa warga di pusat pengujian covid-19 di Lincoln Park, Los Angeles, California.

 

Kasus covid-19 yang meningkat di seluruh Amerika Serikat (RS) menyebabkan kapasitas ruang gawat darurat sejumlah rumah sakit penih dan beberapa wilayah mencatat rekor kematian tertinggi selama pandemi.

Ketika sejumlah negara bagian mempersiapkan diri untuk membuka lockdown, imbauan protokol kesehatan seperti memakai masker dan menutup sekolah justru dipolitisasi.

Baca juga: Kasus Naik, Tanggap Darurat Italia Akan Diperpanjang

Negara-negara bagian seperti Arizona, Florida, dan Texas mengalami goncangan selama pandemi sehingga bersiap untuk membuka kembali sektor ekonominya.

Namun, di Florida John Hopkins University mencatat kenaikan sasus hampir dua kali lipat dalam sehari. Lebih dari 40 rumah sakit di seluruh negara bagian memaksimalkan kapasitas unit perawatan intensif mereka, demikian dilansir dari The Guardian.

"Kami berada dalam risiko tinggi, tapi masyrakat tidak melakukan apapun dan justru sebaliknya melakukan hal-hal yang memperburuk pandemi," kata Dr Andrew Pastewski, direktur medis unit perawatan intensif di pusat medis Jackson South di Miami. Pastewski sendiri didiagnosis menderita covid-19. "Itu sangat mengecewakan," ujarnya.

Di Texas, dua minggu terakhir, jumlah kasus baru dalam sehari mencapai dua kali lipat, menjadi lebih dari 9.100 sehari. Texas dan California, dua negara bagian terpadat jumlah kematian tercatat cukup tinggi.

Di Texas, bar ditutup dan restoran terpaksa mengurangi kapasitas. Arizona mengurangi kapasitas restoran menjadi dua. Para pejabat kesehatan di New Mexico, yang berbatasan dengan kedua negara bagian, menghentikan layanan restoran dalam ruangan dan menutup taman-taman  yang sering dikunjungi masyarakat. Batang Florida akan menutup pintu mereka untuk kedua kalinya.

Banyak negara bagian yang  menghadapi masalah serupa, yakni bagaimana dan apakah akan membuka kembali gedung sekolah. Siswa di banyak negara bagian selatan dan barat daya AS kembali masuk sekolah pada awal atau pertengahan Agustus. Pemerintahan Trump meningkatkan tekanan minggu ini dengan mengancam pendanaan sekolah yang tetap ditutup.

“Kami benar-benar tidak siap,” Marcia Andrews, seorang anggota dewan sekolah di Pantai Palm, Florida, mengatakan kepada Palm Beach Post. “Baik dari sudut pandang kesehatan, ataupun perencanaan menghadapi kondisi ini.

Peningkatan kasus tidak di 41 negara bagian menyebabkan rumah sakit penuh. "Rumah sakit Mississippi tidak dapat merawat pasien Mississippi," Thomas Dobbs, petugas kesehatan Mississippi. Dia mengatakan lima rumah sakit terbesar di negara bagian itu penuh, dan dia dan pejabat kesehatan lainnya memohon kepada masyarakat untuk memakai masker

"Sering kali, jumlah pasien lebih banyak daripada kamar yang tersedia," kata Dr LouAnn Woodward, wakil rektor pusat medis Universitas Mississippi. (The Guardian/H-3)

Baca Juga

Antara

Ilmuwan Jepang Beralih ke Ulat Sutera untuk Vaksin Covid-19

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Minggu 09 Agustus 2020, 17:55 WIB
Profesor Universitas Kyushu, Takahiro Kusakabe, dan timnya sedang bekerja untuk mengembangkan vaksin unik menggunakan ulat...
Antara

Rusia Tawarkan Pasok Vaksin Covid-19 ke Filipina

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Minggu 09 Agustus 2020, 17:45 WIB
Rusia bersedia memasok vaksin virus korona (covid-19) ke Filipina, atau bekerja sama dengan perusahaan lokal untuk memproduksinya secara...
AFP/YONHAP

Banjir Korsel Akibatkan Puluhan Orang Meninggal, Ribuan Mengungsi

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Minggu 09 Agustus 2020, 16:18 WIB
Hujan deras, tanah longsor, dan banjir di Korsel telah menewaskan sedikitnya 30 orang dalam beberapa hari terakhir. Namun, jumlah korban...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya