Sabtu 11 Juli 2020, 07:40 WIB

PBM Tatap Muka, Pidie Sosialisasi Protokol Kesehatan Sekolah

Amiruddin Abdulla Reubee | Nusantara
PBM Tatap Muka, Pidie Sosialisasi Protokol Kesehatan Sekolah

ANTARA/IRWANSYAH PUTRA
BPBD Kota Banda Aceh menyemprotkan cairan disinfektan di ruang perpustakaan SDN 17 di Banda Aceh, Aceh, Rabu (17/6)

 

SEKOLAH di Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh, akan memulai tahun ajaran baru 2020 pada awal pekan depan atau Senin (13/7). Kebijakan proses belajar mengajar (PBM) tatap muka itu berkaitan dengan kondisi Kabupaten Pidie yang telah ditetapkan status zona hijau dari sebelumnya zona kuning.

Dengan proses belajar tatap muka, pihak sekolah dan murid diwajibkan menjalani protokol kesehatan.

PLT Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pidie, Ridwandi, kepada Media Indonesia, Jumat (10/7) mengatakan, ada beberapa hal yang harus diterapkan saat tiba di sekolah.

Baca juga: Sembuh, 5 Pasien Covid-19 di RSUD Simalungun Dipulangkan

Misalnya yaitu mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, menggunakan masker terutama ketika berada dalam ruangan, dan tidak berkerumun. Sebelum masuk ruangan setiap murid akan dicek suhu tubuh. Bila suhu di atas batas normal tidak diperkenankan belajar bersama dan akan segera dilakukan tindakan medis.

Kemudian jadwal belajar tatap muka itu harus diberlakukan shift. Setiap shift akan ditatur waktu dan jumlah warga belajar. "Bisa saja shift dibagi pagi sore. Atau selang satu hari antara shift A dan shift B. Tekniknya diserahkan kepada sekolah masing-masing. Harus menyesuaikan jumlah murid," tutur Ridwandi.

Dikatakan Ridwandi, pihaknya telah memberitahukan kepada semua sekolah di bawah keoemimpinannya yakni SMP, SD dan lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD), agar melakukan sosialisasi lebih efektif lagi. Kemudian segala fasilitas tempat cuci tangan (wastafel), hand sanitizer dan alat pengukur suhu tubuh telah tersedia di setiap sekolah.

"Insyaallah semuanya berjalan dengan sempurna, sebagaimana diharapkan. Sudah lama sekali anak-anak tidak bersekolah langsung. Sekarang kita berusaha aktifkan secara bertahap dan tidak lepas dari protokol kesehatan," tutur Ridwandi.(H-3)

 

Baca Juga

ANTARA/Dedhez Anggara

Jalur Pendakian ke Gunung Ciremai Kembali Dibuka

👤Nurul Hidayah 🕔Senin 10 Agustus 2020, 00:52 WIB
Seluruh jalur pendakian dan wisata alam di Gunung  Ciremai sebelumnya ditutup sejak 17 Maret 2020 akibat merebaknya pandemi ...
DOK MI

ABY-HJT Janjikan Bawa Klaten Jadi yang Terbaik

👤Djoko Sardjono 🕔Senin 10 Agustus 2020, 00:40 WIB
Pasangan ABY-HJT diusung koalisi Partai NasDem, PAN, PKB, dan PPP, serta didukung lima partai nonparlemen, yaitu Hanura, Perindo, Berkarya...
DOK.MI

Kasus Positif Covid-19 di Sumut Alami Penurunan

👤Yoseph Pencawan 🕔Senin 10 Agustus 2020, 00:34 WIB
Selasa (4/8), Gubernur Sumut Eddy Rahmayadi memanggil pimpinan dari tiga daerah yaitu Kota Medan, Kota Binjai dan Kabupaten Deliserdang,...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya