Sabtu 11 Juli 2020, 07:03 WIB

Turki Kembalikan Hagia Sophia Jadi Masjid

Basuki Eka Purnama | Internasional
Turki Kembalikan Hagia Sophia Jadi Masjid

AFP/Ozan KOSE
Turis berkunjung ke Hagia Sophia yang berada di Istanbul, Turki.

 

PRESIDEN Turki Recep Tayyip Erdogan, Jumat (10/7), mengumumkan bahwa Hagia Sophia, salah satu keajaiban arsitektur dunia, akan kembali dijadikan masjid. Keputusan itu memancing kemarahan komunitas Kristen Turki dan negara tetangga Yunani.

Pernyataan Erdogan itu dilansir setelah pengadilan tertinggi Turki mencabut status monumen Byzantine dari abad keenam itu sebagai museum dan membuka jalan untuk mengembalikan status bangunan itu sebagai masjid.

Dalam pidato yang disiarkan ke seluruh negeri, Erdogan mengatakan Salat Jumat pertama di Hagia Sophia akan dilakukan pada 24 Juli mendatang.

Baca juga: UNESCO Tinjau Perubahan Status Museum Hagia Sophia

"Insyaallah, kita akan melakukan Salat Jumat bersama-sama pada 24 Juli dan membuka kembali Hagia Sophia sebagai tempat beribadah," tegas Erdogan sembari berjanji akan tetap membuka Hagia Sophia bagi semua orang termasuk warga nonmuslim.

"Seperti semua masjid, pintu Hagia Sophia akan terbuka untuk semua orang, lokal dan warga asing, muslim dan nonmuslin," lanjutnya.

Situs warisan dunia UNESCO di Istanbul yang merupakan magnet wisatawan mancanegara itu pertama kali dibangun sebagai katedral di era kerajaan kristen Byzantine namun diubah menjadi masjid saat Kerajaan Ottoman merebut Constantinople pada 1453.

Tahun lalu, 3,8 juta wisawatan berkunjung ke Hagia Sophia.

Komisi Negara, pengadilan tertinggi Turki, secara bulan membatalkan keputusan kabinet Turki pada 1934 yang mengubah status Hagia Sophia sebagai museum. Pengadilan beralasan Hagia Sophia berstatus sebagai masjid di sertifikat tanahnya.

Keputusan itu diperkirakan akan meningkatkan ketegangan antara Turki dan dunia barat serta Yunani. Begitu juga dengan Rusia, negara yang belakangan ini memiliki hubungan dekat dengan Turki. (AFP/OL-1)

Baca Juga

AFP/LILLIAN SUWANRUMPHA

UE-ASEAN Luncurkan Tiga Proyek Baru di Tengah Pandemi

👤Faustinus Nua 🕔Kamis 13 Agustus 2020, 16:45 WIB
UE meluncurkan proyek yang mendukung urbanisasi, pengelolaan hutan berkelanjutan dan lembaga audit tertinggi ASEAN. Proyek-proyek itu...
AFP

Filipina Targetkan Uji Klinis Vaksin Rusia pada Oktober

👤Faustinus Nua 🕔Kamis 13 Agustus 2020, 15:35 WIB
Filipina berencana untuk melaksanakan uji klinis untuk vaksin covid-19 buatan Rusia pada Oktober...
ANTARA/Dhemas Reviyanto

Indonesia Perkuat Diplomasi Perdamaian di Tengah Pandemi

👤Faustinus Nua 🕔Kamis 13 Agustus 2020, 14:35 WIB
"Pandemi telah meningkatkan kerentanan negara-negara terdampak konflik. Beberapa negara bahkan terancam jatuh kembali ke jurang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya