Sabtu 11 Juli 2020, 06:08 WIB

RUU Cipta Kerja Memantik Pemerataan

Cah/Ant/P-3 | Politik dan Hukum
RUU Cipta Kerja Memantik Pemerataan

Medcom.id
Ilustrasi

 

RANCANGAN Undang-Undang (RUU) tentang Cipta Kerja dapat menimbulkan pemerataan pembangunan. Dengan kemudahan investasi yang ditawarkan, lapangan kerja tidak hanya tercipta di pusat kota, tetapi juga di daerah.

“Nantinya, lapangan pekerjaan akan luas karena investasi dengan mudah sampai ke daerah-daerah. Artinya, kalau selama ini pengurusan perizinan berbelit, akan dimudahkan,” kata pengamat kebijakan publik Trubus Rahadiansyah di Jakarta, kemarin.

Ia mengatakan, semangat RUU Cipta Kerja ialah memangkas tumpang-tindih regulasi. Hal itu akan memberikan keuntungan di daerah-daerah tujuan investasi.

Tumpang-tindih regulasi di pusat dan daerah selama ini, kata Trubus, menjadi kendala utama bagi investasi. Untuk itu, RUU Cipta Kerja diharapkan dapat memberikan kemudahan yang nyata dalam berinvestasi sehingga menarik minat investor untuk menanamkan modal di Indonesia.

Lebih lanjut, ia mengatakan iklim investasi yang baik akan menciptakan lapangan kerja. Industri-industri di daerah pun menurutnya akan ikut berkembang.

“Menurut saya, akan terjadi peningkatan ekosistem karena selama ini aturan investasi antara pusat dan daerah tumpang-tindih, berbelit, over regulated, dan itu mempersulit investor. Perlu regulasi yang membuat semua masalah itu menjadi lebih ringkas,” pungkasnya.

Pengamat administrasi publik Universitas Padjadjaran, Muhammad Rizal, menyebut ekosistem ketenagakerjaan yang diatur dalam RUU Cipta Kerja menjamin fleksibilitas untuk investor lebih mudah masuk. Selain itu, juga membuka lapangan kerja lebih masif guna mengatasi tantangan bonus demografi pekerja ke depan.

“RUU Cipta Kerja jika nantinya disahkan punya fleksibilitas untuk mempertahankan, memperbaiki, dan bahkan menghapus norma lama, serta menciptakan norma baru yang lebih ramah investasi. Ini sangat penting untuk segera dilakukan di Indonesia,” urai Rizal pada seminar daring bertajuk RUU Cipta Kerja Kepastian Kerja dan Investasi, kemarin. (Cah/Ant/P-3)

Baca Juga

DOK DPR RI

Anggota DPR RI Apresiasi Pemerintah Bantu UMKM

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 13 Agustus 2020, 09:00 WIB
Politisi Partai Gerindra itu berharap, dengan alokasi anggaran dana sebesar Rp28,8 triliun untuk 12 juta penerima bantuan ini, bisa...
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

KPK Gali Informasi Kegiatan Usaha Keluarga Wali Kota Banjar

👤Fachri Audhia Hafiez 🕔Kamis 13 Agustus 2020, 09:00 WIB
Penggalian informasi tersebut guna mendalami kasus dugaan korupsi terkait proyek infrastruktur pada Dinas PUPR Kota Banjar...
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Staf KPU Yahukimo Dibunuh, Jajaran KPU Diminta Waspada

👤Kautsar Bobi 🕔Kamis 13 Agustus 2020, 08:52 WIB
Ketua KPU Arief Budiman meminta jajarannya di daerah meningkatkan kewaspadaan setelah salah satu anggota KPU di Kabupaten Yakohimo, Papua...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya