Sabtu 11 Juli 2020, 03:50 WIB

Warga Yunani Protes RUU Kontroversial

Warga Yunani Protes RUU Kontroversial

AFP
Pengunjuk rasa bentrok dengan polisi antihuru-hara saat demonstrasi di Athena, Yunani

 

KEKERASAN kemarin pecah di Athena, ibu kota Yunani, selama aksi demonstrasi massa yang menentang rancangan undang-undang yang dinilai akan mengekang kebebasan berpendapat.

Sekelompok pemrotes melemparkan bom bensin ke polisi antihuru-hara di luar gedung parlemen, sedangkan polisi merespons dengan menembakkan gas air mata dan granat kilat.

Demonstrasi diadakan di ibu kota Yunani dan sekitar 40 kota lainnya untuk menentang rencana yang diusulkan pemerintah yang beraliran kanan-tengah. Lebih dari 10.000 pengunjuk rasa damai telah berkumpul di Athena pusat, banyak yang mendukung serikat buruh yang didukung Partai Komunis Yunani.

Sekelompok terpisah, sebagian besar pemuda, lalu terlibat dalam kekerasan. Para pihak yang menentang pembaruan yang diusulkan pemerintah tersebut termasuk asosiasi pengacara di Athena serta komite peninjauan legislatif.

Mereka berpendapat rencana itu secara hukum menyusahkan, terutama karena isinya yang akan mendakwa para pemrotes yang menghadiri aksi dan akan menuntut pertanggungjawaban penyelenggara aksi protes atas kerusakan jika terjadi kekerasan.


Mengganggu ekonomi

Pemerintah Yunani mengatakan telah menambahkan beberapa klarifi kasi pada RUU tersebut untuk mengatasi sejumlah masalah yang disorot.

RUU tersebut dijadwalkan akan dibahas kembali di parlemen pada pekan mendatang. Pemerintah konservatif Perdana Menteri Kyriakos Mitsotakis, yang baru memerintah satu tahun, mengatakan bertekad untuk menghentikan aksi protes yang dinilai mengganggu lalu lintas dan kegiatan komersial di Yunani.

“Hak untuk mengadakan pertemuan damai harus dilindungi, tetapi harus dilakukan dengan cara yang tidak mengganggu aktivitas seluruh kota,” kata Mitsotakis kepada parlemen pada hari kedua dan terakhir debat. (Al Jazeera/Hym/X-11)
 

Baca Juga

AFP/William West

Kasus Covid-19 Tembus 18 Juta, WHO :Dampaknya Berlangsung Lama

👤Fautinus Nua 🕔Senin 03 Agustus 2020, 17:53 WIB
Klaster baru pun telah dilaporkan di negara-negara yang sebelumnya mampu mengendalikan wabah...
AFP

Trump Larang TikTok karena Terhubung ke Partai Komunis Tiongkok

👤Suryani Wandari Putri Pertiwi 🕔Senin 03 Agustus 2020, 15:27 WIB
Komentarnya Trump ini muncul setelah Trump mengatakan dia melarang TikTok di AS. Ia mengatakan aplikasi video populer TikTok ini akan...
AFP/Sven Hoppe

Usai Jenguk Saudara, Paus Benediktus XVI Sakit Parah

👤Faustinus Nua 🕔Senin 03 Agustus 2020, 15:25 WIB
Saat ini, Paus Benediktus XVI dilaporkan dalam kondisi sangat lemah. Dia menderita eritelas pada wajah yang menyebabkan ruam wajah dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya