Jumat 10 Juli 2020, 23:28 WIB

Sinkronkan Vokasi dan Industri, Kemendikbud Rogoh Rp3,5 triliun

Ilham Pratama Putra | Humaniora
Sinkronkan Vokasi dan Industri, Kemendikbud Rogoh Rp3,5 triliun

Antara/Ardi teristi Hardi
Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi WikanSakarinto

 

KEMENTERIAN Pendidikan dan Kebudayaan bakal menggelontorkan Rp3,5 triliun untuk mensinkronisasikan pendidikan vokasi dengan industri. Kemendikbud ingin membantu pergerakan pendidikan vokasi agar bisa menjalin kerja sama dengan industri.

"Tahun ini bantuan pemerintah sekitar Rp3,5 triliun khusus mendorong 'pernikahan' itu. Kami menjadi mak comblang, mendorong 'pernikahan' vokasi dengan Industri," kata Dirjen Pendidikan Vokasi (Diksi) Kemendikbud, Wikan Sakarinto dalam diskusi daring, Jumat, (10/7)..

Sebagai langkah awal, Kemendikbud bakal melakukan nota kesepahaman dengan industri pekan depan. Wikan mengaku telah menjelaskan betapa menguntungkannya dapat mencetak lulusan sesuai kebutuhan industri.

"Setelah dijelaskan mereka (industri) antusias banget. Mereka bilang, ya ini yang kita butuhkan, lulusan yang kompeten yang dibutuhkan masa kini dan mendatang," ujar Wikan.

Baca juga : Presiden: Hati-hati Membuka Sarana Pendidikan

Kemendikbud bakal membangun kerja sama awal dengan Berbagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) hingga asosiasi industri lainnya di Indonesia. Setidaknya, ada ratusan industri yang bakal menandatangani nota kesepahaman (MoU) tersebut.

"Kawasan industri itu ada enam. Di dalamnya ada ratusan MoU yang kita bangun," ujarnya.

Adapun enam kawasan yang menjadi target ialah sektor manufaktur, produk dan jasa, food and beverage, serta teknologi. Kemendikbud juga bakal menyentuh sektor kesehatan dan pertanian.

"Semoga dari kita nanti bisa mengarahkan mereka semua ke sana. Menciptakan lulusan yang terampil," terangnya. (Medcom.id/OL-7)

Baca Juga

Antara/Raisan Al Farisi

Menteri LHK Ingatkan Pentingnya Jaga Kelestarian Alam

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Senin 10 Agustus 2020, 14:58 WIB
Indonesia sudah lama dikenal sebagai megadiversity country. Namun, kebutuhan lahan dan pemanfaatan sumber daya alam menjadi tantangan,...
Ist

Karyawan Positif Covid-19, 1 Lantai Wisma Antara Ditutup

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Senin 10 Agustus 2020, 14:50 WIB
Pihak Antara sudah membenarkan bahwa ada lima karyawannya yang positif covid-19. Dari jumlah itu, empat orang di antaranya adalah reporter...
ANTARA FOTO/Adeng Bustomi

Gakkum KLHK Tindak Pemalsu Dokumen Angkutan Kayu di Kutai Barat

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Senin 10 Agustus 2020, 14:06 WIB
Pengungkapan kasus ini berawal dari informasi masyarakat yang ditindaklanjuti Satuan Polhut Reaksi Cepat (SPORC) Brigade Enggang Balai...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya