Sabtu 11 Juli 2020, 02:10 WIB

Renovasi Stadion PD U-20 Tunggu Inpres

MI | Sepak Bola
Renovasi Stadion PD U-20 Tunggu Inpres

MI/Andri Widiyanto
Stadion GBK

 

PANITIA Penyelenggara Piala Dunia U-20 2021 (Inafoc) menunggu payung hukum berupa instruksi presiden (inpres) dan keputusan presiden (kepres) yang akan menjadi petunjuk pelaksanaan Piala Dunia U-20.

Hal itu dibutuhkan untuk merenovasi stadion mulai Agustus nanti. “Sebenarnya kalau kita maunya jangan Agustus, tapi Maret kemarin seharusnya. Tapi kenapa Agustus, kita itu punya jeda waktu rumput itu menjadi bagus paling cepat empat sampai lima bulan,” ujar Wakil Ketua Inafoc Iwan Budianto di GBK Arena, Jakarta, kemarin.

Setelah inpres dan kepres terbit, Kementerian PU-Pera yang bertindak sebagai koordinator bisa membuat rencana anggaran perihal pembangunan dan renovasi stadion untuk Piala Dunia U-20.

Sebelumnya, dalam rapat terbatas pada 1 Juli di Istana Negara, pemerintah telah menyetujui enam stadion yang diajukan PSSI ke FIFA. Keenam stadion itu, yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (Palembang), Stadion si Jalak Harupat (Kabupaten Bandung), Stadion Manahan (Solo), dan Stadion I Wayan Dipta (Bali).

Iwan berharap payung hukum tersebut segera diterbitkan demi mengebut pengerjaan renovasi stadion sesuai dengan standar yang ditetapkan FIFA.

“Kalau kita enggak memulai paling lambat di September, rumput itu tidak akan jadi,” kata Iwan.

Sementara itu, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menargetkan keppres dan inpres terkait penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021 bisa rampung pada akhir Juli 2020 sebelum ditandatangani Presiden Joko Widodo.

“Target akhir Juli selesai. Kalau (draf) dari kami mungkin pekan depan,” kata Sekretaris Kemenpora Gatot S Dewa Broto.

Dari Surakarta, Wali Kota FX Hadi Rudyatmo mengusulkan Stadion Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) sebagai lapangan pendukung untuk latihan tim peserta Piala Dunia U-20 2021.

“Kelebihan Stadion UNS, rumput setara dengan Stadion Manahan yang bakal jadi venue utama,” papar Rudy, sapaan akrab Wali Kota Surakarta. (Faj/WJ/R-2)

 

Baca Juga

Antara/M. Risyal Hidayat

Pemain Masih Isolasi Mandiri, Latihan Timnas Belum Lengkap

👤Akmal Fauzi 🕔Jumat 07 Agustus 2020, 22:33 WIB
Dari 29 nama timnas Indonesia senior yang dipanggil, ada lima pemain yang tak ikut berlatih. Mereka adalah Ilija Spasojevic, Osvaldo Haay,...
CARLO HERMANN / AFP

Misi Berat Gattuso Redam Messi

👤Akmal Fauzi 🕔Jumat 07 Agustus 2020, 22:15 WIB
Menilik catatan, laga di Camp Nou nanti adalah misi berat bagi I Partenopei. Tiga lawatan terakhir ke Negeri Matador malah selalu berbuah...
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Penundaan Latihan, Shin Tae-yong: PSSI Butuh Waktu Swab Test

👤Antara 🕔Jumat 07 Agustus 2020, 21:59 WIB
PSSI harus memeriksa kesehatan semua pemain dan itu memang memerlukan waktu cukup...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya