Jumat 10 Juli 2020, 21:51 WIB

Kemensos-BNN Kerjasama Cegah dan Tangani Narkoba

Atikah Ishmah Winahyu | Politik dan Hukum
Kemensos-BNN Kerjasama Cegah dan Tangani Narkoba

Ilustrasi
Ilustrasi penyalahgunaan narkoba

 

KEMENTERIAN Sosial bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) dalam pencegahan, pemberantasan penyalahgunaan peredaran gelap narkotika, prekursor, dan rehabilitasi sosial. Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU).

Menteri Sosial Juliari P Batubara mengatakan, nota kesepahaman ini menjadi landasan kerja sama dalam menyamakan persepsi dan cara bertindak dalam pencegahan dan pemberantasan narkoba, serta melakukan rehabilitasi sosial.

"Intinya adalah bagaimana agar guideline ini bisa dilakukan secara bersama-sama. Dengan adanya guideline ini tentunya akan lebih sama lagi metode-metode (pencegahan, pemberantasan, dan rehabilitasi) yang kita lakukan," kata Juliari di kantornya, Jumat (10/7).

Juliari berharap, dengan semakin gencarnya aksi pencegahan dan pemberantasan narkotika, serta rehabilitasi sosial, maka generasi muda Indonesia akan terhindar dari segala penyalahgunaan narkotika. Saat ini Kemensos memiliki lima balai rehabilitasi napza yang berada di Sukabumi, Bekasi, Cibinong, Baturaden, dan Magelang.

Baca juga : Anak Wakil Walikota Tangerang Patungan Beli Sabu Rp800 Ribu

Kepala BNN Heru Winarko menambahkan, BNN dan Kemensos bekerja sama dari hulu ke hilir terkait penanganan narkoba, terutama terkait rehabilitasi bagi kasus voluntary maupun compulsory sehingga mengurangi jumlah pemakai yang dikirim ke penjara.

"Kalau pengedar kita proses pidana, tapi kalau pengguna kita akan lewat proses peradilan, vonis hakimnya adalah rehabilitasi. Nah, yang jadi permasalahannya dari pengadilan di mana tempat rehabilitasi? Sekarang sudah ada jawaban dari Kemensos siap menerima compulsory. Ini bentuk kerja sama yang kita lakukan sehingga mengurangi pengguna dikirim ke penjara," imbuhnya.

"Balai rehabilitasi saat ini masih tidak mencukupi, sehingga nanti bukan hanya dengan Kementerian Sosial, kita juga mengajak Kementerian Kesehatan dan rumah sakit-rumah sakit agar bisa kita jadikan tempat rehabilitasi," tandasnya. (OL-7)

Baca Juga

Antara/SIgid Kurniawan

Demo Buruh di DPR Tuntut Pembahasan Omnibus Law Dihentikan

👤Putra Ananda 🕔Senin 03 Agustus 2020, 18:19 WIB
Presiden KSPI Said Iqbal menegaskan akan terus melakukan aksi hingga tuntutannya...
Antara/Moch Asim

Sebelum Joko Tjandra, Ini Kasus yang Ditangani Otto Hasibuan

👤Suryani Wandari Putri Pertiwi 🕔Senin 03 Agustus 2020, 18:14 WIB
Otto Hasibuan sempat menangani kasus korupsi KTP-e yang melibatkan Setya Novanto. Publik juga tidak lupa bagaimana kegigihannya membela...
ANTARA

Mantan Komisioner KPU Wahyu Setiawan Dituntut 8 Tahun Penjara

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Senin 03 Agustus 2020, 17:05 WIB
JPU menilai Wahyu terbukti bersalah menerima suap Rp600 juta dari kader PDI Perjuangan Saeful...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya