Jumat 10 Juli 2020, 20:44 WIB

UNESCO Imbau Turki tak Ubah Museum Hagia Sophia jadi Masjid

Insi Nantika jelita | Internasional
UNESCO Imbau Turki tak Ubah Museum Hagia Sophia jadi Masjid

AFP/Ozan Koze
hagia Sophia di istanbul, Turki

 

ORGANISASI Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa atau UNESCO memperingatkan Turki agar tidak mengubah museum Hagia Sophia menjadi masjid.

Hagia Sophia awalnya merupakan katedral kemudian menjadi masjid setelah penaklukan Istanbul. Lalu dicantumkan sebagai situs Warisan Dunia UNESCO yang ditetapkan Area Bersejarah Istanbul.

"Prasasti ini memerlukan sejumlah komitmen dan kewajiban hukum," kata juru bicara UNESCO kepada AFP.

UNESCO meminta Turki memastikan tidak ada modifikasi yang memengaruhi nilai universal luar biasa dari Museum Hagia Sophia. Modifikasi apa pun memerlukan pemberitahuan sebelumnya kepada UNESCO dan kemungkinan pemeriksaan oleh Komite Warisan Dunia.

Perwakilan UNESCO itu mencatat bahwa Hagia Sophia tertulis di dalam Area Bersejarah Istanbul sebagai museum, yang telah berulang kali dikomunikasikan ke Turki melalui surat resmi.

Baca juga : IMF dan Bank Dunia akan Gelar Pertemuan Tahunan Secara Virtual

"Kami menyerukan pihak berwenang Turki untuk memulai dialog sebelum keputusan diambil yang dapat merusak nilai universal situs itu," kata UNESCO seraya menambahkan bahwa pesan ini diulangi kepada duta besar Turki untuk UNESCO pada Kamis (9/7).

Pengadilan administratif Turki sedang mempertimbangkan kasus yang dibawa oleh LSM Turki untuk megubah Museum Hagia Sophia agar dirancang ulang sebagai masjid. Rencana itu mendapat dukungan dari Presiden Recep Tayyip Erdogan.

Gedung yang dibangun abad keenam itu memiliki arsitektur yang memukau dan menjadi magnet bagi turis di seluruh dunia.

Awalnya, Hagia Sophia pertama kali dibangun sebagai katedral di Kekaisaran Bizantium Kristen tetapi dikonversi menjadi masjid setelah penaklukan Ottoman atas Konstantinopel pada tahun 1453. Lalu diubah menjadi museum di bawah rezim Mustafa Kemal Ataturk. (AFP/OL-7)

Baca Juga

AFP/OLIVIER DOULIERY

Kampanye Biden dan Harris: Bangun Kembali Amerika Serikat

👤Faustinus Nua 🕔Kamis 13 Agustus 2020, 10:20 WIB
Calon presiden Demokrat Joe Biden dan wakilnya yang baru ditunjuk Kamala Harris meluncurkan kampanye mereka pada Rabu (12/8) dengan seruan...
AFP/Yuri Cortez

Menteri Perminyakan Venezuela El Aissami Sembuh dari Covid-19

👤Antara 🕔Kamis 13 Agustus 2020, 08:15 WIB
Setelah dinyatakan positif covid-19, El Aissami mengaku sudah pulih dengan hasil tes...
ISAAC LAWRENCE / AFP

Perjanjian Ekstradisi Hong Kong dengan Prancis dan Jerman Ditunda

👤Faustinus Nua 🕔Kamis 13 Agustus 2020, 05:25 WIB
Kedua negara telah mempolitisasi kerja sama yuridis, sehingga merusak dasar kerja sama yuridis antara (Hong Kong) dengan Jerman dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya