Jumat 10 Juli 2020, 20:10 WIB

Pemprov Bali Gandeng Mbiz Kelola Pengadaan Digital

mediaindonesia.com | Nusantara
Pemprov Bali Gandeng Mbiz Kelola Pengadaan Digital

Dok Mbiz
Proses penandatanganan kerja sama Pemprov Bali-Mbiz di lokasi Jakarta.

 

PEMERINTAH Provinsi (Pemprov) Bali menggandeng PT Brilliant Ecommerce Berjaya (Mbiz) untuk mengelola pengadaan barang dan jasa kebutuhan pemprov secara digital. Kerja sama itu akan direalisasikan melalui platform e-marketplace Mbizmarket.

Penandatanganan naskah perjanjian kerja sama secara virtual melalui teleconference dilakukan oleh Sekretaris Daerah Pemprov Bali Dewa Made Indra dan CEO Mbiz Rizal Paramarta, Jumat (10/7). Ini merupakan tindak lanjut dari nota kesepahaman yang ditandatangani Gubernur Bali Wayan Koster dan CEO Mbiz seminggu sebelumnya.

Dewa Made Indra mengatakan Pemprov Bali memilih Mbizmarket, platform yang dikelola Mbiz, sebagai platform e-marketplace untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, serta transparansi dan akuntabilitas dalam pengadaan barang dan jasa di lingkungan pemprov.

"Ini merupakan upaya Pemerintah Provinsi Bali agar pelayanan kepada publik bisa lebih mudah, cepat dan efisien," ujarnya dalam siaran pers, Jumat (10/7).

Terealisasinya kerjasama ini juga merupakan komitmen Pemprov Bali dan Mbiz untuk mendukung percepatan transformasi digital, sekaligus pemberdayaan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di provinsi Bali.

Dewa menyebut pemberdayaan pelaku usaha mikro dan kecil untuk berpartisipasi dalam pemenuhan kebutuhan pengadaan barang/jasa perlu diakomodasi, salah satunya melalui pembangunan pasar secara elektronik. Tujuannya untuk mendekatkan dan memudahkan transaksi antara pembeli dan penjual dalam satu platform sehingga mendorong pertumbuhan dan kemandirian perekonomian daerah di era digitalisasi.

Ia mengaku menaruh harapan besar platform e-marketplace Mbizmarket  dapat menjadi solusi berbagai hambatan proses pengadaan barang/jasa pemerintah selama ini sekaligus mengurangi kerja administratif yang kurang produktif.

"Itu akan menunjang visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui Pembangunan Semesta Berencana menuju Bali era Baru” ujar Dewa Made Indra.

Pada kesempatan itu, CEO Mbiz Rizal Paramarta menjelaskan dalam kesepakatan kerja sama itu Mbiz menawarkan super ekosistem, untuk mendukung seluruh proses pengadaan secara elektronik (e-procurement), menggantikan pengadaan secara konvensional.

Menurutnya, sebagai B2B (business to business) e-procurement integrator, di dalam ekosistem Mbizmarket saat ini tergabung ribuan penjual dan lebih dari 200.000 produk yang terhubung dengan pembeli. Itu terdiri dari perusahaan blue-chip, besar dan medium dari berbagai industri, termasuk pembeli dari organisasi pemerintah.  

"Untuk mendukung kebutuhan pemenuhan transaksi, Mbizmarket pun terintegrasi dengan sistem jasa transportasi, distribusi, dan pergudangan yang modern. Tidak hanya itu, kolaborasi Mbizmarket dengan institusi keuangan akan mempermudah UKM mengakses pembiayaan untuk mengembangkan usahanya," ungkap Rizal.

Saat ini, pada e-marketplace Mbizmarket yang punya segmentasi UKM dan instansi pemerintah, ada lebih dari 4.000 penjual atau pemasok yang aktif. Mulai dari prinsipal, distributor hingga penyalur, termasuk UMKM di seluruh Indonesia.  

"Kerja sama Mbiz dengan Pemprov Bali ini juga merupakan upaya mendukung langkah pemerintah menuju Industri 4.0 di Indonesia, yaitu melalui pemberdayaan UMKM melalui teknologi," pungkas Rizal. (RO/X-12)

Baca Juga

Antara/Jessica Helena Wuysang

KBM Tatap Muka Dimulai, Sekolah Akan Dimonitor

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Selasa 11 Agustus 2020, 14:40 WIB
Kegiatan Belajar Mengajar tatap muka di Bangka Belitung akan dimulai. Oleh karena itu, GTPP Covid-19 Babel akan melakukan monitoring ke...
MI/DWI APRIANI

Pandemi tak Ganggu Target Penerimaan PAD Sumsel

👤Dwi Apriani 🕔Selasa 11 Agustus 2020, 14:07 WIB
Saat ini hanya Sumsel yang angka penerimaan PAD-nya mencapai 53% meskipun di masa pandemi...
MI/Depi Gunawan

Diantar Babinsa, Siswa Belajar di Markas Koramil Lembang

👤Depi Gunawan 🕔Selasa 11 Agustus 2020, 13:37 WIB
Layanan wifi ini diberikan karena masih ada siswa yang kesulitan biaya untuk membeli kuota internet meskipun telah memiliki...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya