Jumat 10 Juli 2020, 16:40 WIB

Saran Yellow Claw Untuk Produser Musik Elektronik

Fathurrozak | Weekend
Saran Yellow Claw Untuk Produser Musik Elektronik

Dok. EMPC 2020
Duo DJ asal Amsterdam, Belanda, Yellow Claw, menilai orisinalitas amat penting agar produser musik elektronik tetap bisa menonjol.

RAMAINYA persaingan di musik elektronik mestinya tidak menjadi kendala agar musisi tetap bisa menonjol. Salah satunya adalah lewat cara yang disarankan duo DJ asal Amsterdam, Belanda, Yellow Claw. 

“Orisinalitas itu hal yang sulit untuk ditemukan saat ini. Ketika banyak yang memproduksi musik dari berbagai penjuru dunia, tentu kita tetap harus bisa stand out. Untuk itu, dalam memproduksi musik elektronik, perlu ada sesuatu yang berbeda, dan sebisa mungkin membuat sound yang belum pernah didengar banyak orang sebelumnya,” kata Nizzle saat konferensi pers virtual Electronic Music Producer Contest (EMPC) 2020 pada Kamis, (9/7).

Grup yang terdiri dari Nizzle dan Jim Aasgier merupakan produser musik elektronik dan juga dj yang cukup dikenal luas di Indonesia. Beberapa kali mereka juga tampil dalam pagelaran festival musik elektronik di Indonesia seperti Djakarta Warehouse Project (DWP). Menurut Nizzle, di era ketika kini akses untuk membuat karya musik semakin mudah dengan hadirnya internet, ada hal yang perlu diperhatikan.

Yellow Claw akan menjadi salah satu juri dalam kompetisi para produser musik elektronik Indonesia tahun ini yang dihelat Iceperience.Id. Keduanya akan mencari karya para produser musik elektronik bersama Dipha Barus, Winky Wiryawan, dan Eka Gustiwana.

“Jangan copy sound ala Amerikalah, bikin hal baru. Jadi diri sendiri, dan gunakan material dari lingkungan sekitar kalian. Karena Indonesia kan sangat luas, penuh kreativitas dan budaya,” tambah Jim yang kini tengah berada di Bali. Yellow Claw pernah meraih penghargaan Edison Award--Grammy-nya Belanda, untuk kategori Best Dance Album pada 2016. (M-1)

Baca Juga

Dok. Open Doors Locarno Film Festival.

Curhat Para Sineas Asia di Masa Pandemi

👤Fathurrozak 🕔Kamis 13 Agustus 2020, 07:45 WIB
Sementara sineas Indonesia mulai berproduksi, sineas Filipina berkonsentrasi ke pengembangan naska dan...
Dok. Perang Kota

Film Perang Kota Diundang ke Sørfond Norwegia

👤Fathurrozak 🕔Kamis 13 Agustus 2020, 06:15 WIB
Film karya Mouly Surya ini diundang untuk ikut berpartisipasi di Sørfond Norwegian South Film...
Facebook Indonesia

Keluarga si Nopal Ajak Warganet Bijak Bermedia Sosial

👤Fathurrozak 🕔Rabu 12 Agustus 2020, 20:00 WIB
Facebook meluncurkan kampanye aman bersosial media lewat video animasi keluarga Si...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya