Jumat 10 Juli 2020, 16:20 WIB

Objek Wisata di Jogja Terapkan Protokol Kesehatan Plus-Plus

Ardi Teristi | Nusantara
Objek Wisata di Jogja Terapkan Protokol Kesehatan Plus-Plus

Antara/Andreas Fitri Atmoko
Pengunjung melihat kura-kura di Kebun Binatang Gembira Loka, DI Yogyakarta

 

Destinasi wisata di Yogyakarta tidak hanya wajib melaksanakan protokol kesehatan cuci tangan, pakai masker, dan jaga jarak. Namun, objek wisata juga harus menerapkan protokol kesehatan plus-plus.

"Protokol kesehatan saja tidak cukup. Harus ada tambahan seperti pembatasan pengunjung, jalur satu arah, petugas pakai kaos tangan," jelas Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi.

Selain itu, tambahnya, setiap destinasi juga harus memiliki Satgas Covid-19. "Adanya Satgas covid-19 akan memberikan rasa aman kepada para pengunjung," kata Heroe.

Di setiap pintu masuk objek wisata, imbuhnya, juga akan dipasang QR Code untuk mempermudah dalam melakukan pelacakan jika suatu saat terjadi kasus penularan covid-19 di objek wisata. Pengunjung tidak perlu mengunduh aplikasi, tetapi tinggal melakukan pemindaian.

Baca juga: Takut Dirapid Test Puluhan Petugas Pilkada Pekalongan Mundur

"Dengan itu, pengunjung akan percaya dan datang ke destinasi-destinasi wisata," ujar Heroe.

Manajer Pemasaran GL Zoo, Yosi Hermawan menyampaikan bahwa pada minggu pertama Juli, pihaknya telah menggelar simulasi dan evaluasi secara internal dan bertahap hingga akhir bulan.

"Nantinya, kapasitas pengunjung akan dibatasi 2.500 pengunjung setiap harinya. Namun, di awal penerapan protokol kesehatan akan dikurangi, sehingga hanya 1.500 pengunjung saja," papar Yosi.

Menurutnya, pengelola GL Zoo telah menambah berbagai infrastruktur untuk mencegah penularan covid-19. "Ada 120 wastafel dan 120 titik hand sanitizer," tukas Yosi.

Ketika di dalam GL Zoo, imbuh Yosi, para pengunjung harus mengikuti arah perjalanan yang sudah ditentukan.

Sistem pembayaran pun dipersiapkan dengan nontunai. "Bagi yang tidak memiliki nontunai, kami siapkan sistem elektronik Gembira Loka yang bisa di-top up di lokasi untuk transaksi selama di dalam Gembira Loka Zoo," pungkasnya. (OL-14)

Baca Juga

medcom

Pemkot Palembang Optimalkan Rumah Sakit Tangani Covid-19

👤Dwi Apriani 🕔Minggu 09 Agustus 2020, 21:59 WIB
Pemerintah Kota Palembang akan mengoptimalkan fungsi sejumlah rumah sakit yang sebelumnya ditunjuk sebagai RS penanganan...
Ilustrasi

Kasus Denny Siregar Dilimpahkan ke Polda Jabar

👤Adi Kristiadi 🕔Minggu 09 Agustus 2020, 17:32 WIB
Polresta Tasikmalaya telah melimpahkan penanganan kasus dugaan tindak pidana penghinaan atau pencemaran nama baik yang dilakukan, oleh...
MI/Supardji Rasban

Kekeringan Petani Cabai Brebes Merugi

👤Sipardji Rasban 🕔Minggu 09 Agustus 2020, 17:27 WIB
"Sekarang sekali panen cuma dapatnya dalam hitungan kilogram. Ya,paling banyak 10 kilogram sekali panen," ujar Kholidin yang...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya