Jumat 10 Juli 2020, 15:55 WIB

AS Kembali Catatkan Rekor, 60 Ribu Kasus Covid-19 dalam Sehari

Haufan Hasyim Salengke | Internasional
AS Kembali Catatkan Rekor, 60 Ribu Kasus Covid-19 dalam Sehari

AFP
Pengunjung Downtown Disney District menggunakan masker di tengah masifnya penyebaran covid-19 di AS.

 

AMERIKA Serikat (AS) kembali mencatatkan rekor kasus harian covid-19. Pada Kamis (9/7) waktu setempat, ada lonjakan 60.500 kasus covid-19 dalam sehari.

Warga AS pun diminta mengambil tindakan pencegahan baru, ketika pandemi covid-19 semakin dipolitisasi. Penambahan kasus harian itu menandai rekor terbesar sejak Negeri Paman Sam dilanda virus yang berasal dari Tiongkok.

Sejauh ini, kasus positif covid-19 di AS lebih dari 3,1 juta orang. Adapun kasus kematian akibat covid-19 mencapai 133.195.

Baca juga: Ketua DPR AS Kecam Keputusan Trump Tarik AS dari WHO

Universitas Johns Hopkins melaporkan penambahan kasus harian yang lebih tinggi per Kamis, yakni 65.551 orang. Dalam dua pekan terakhir, penyebaran covid-19 sudah meluas dari 41 menjadi 50 negara bagian.

Sementara itu, warga AS semakin terpecah akan sejumlah isu. Misalnya, pembukan sekolah dan pusat bisnis. Berikut, aturan terkait penggunaan masker.

"Sungguh mengecewakan karena keegoisan orang-orang (tidak mengenakan masker), saya terjangkit covid-19," ujar Andrew Pastewski, seorang dokter di Jackson South Medical Center, Miami.

"Padahal, kami menempatkan diri dalam risiko. Orang lain tidak mau melakukan apa pun. Bahkan sebaliknya, menjadi agresif dalam mempromosikan penyakit ini," pungkasnya.

Baca juga: Australia Tawarkan Suaka Bagi Warga Hong Kong, Tiongkok Geram

Stephanie Porta, seorang warga Florida, mengatakan hanya sekitar setengah pembeli di toko kelontongnya yang menggunakan masker. "Mereka berusaha membuat semuanya tampak normal, padahal tidak. Orang-orang sekarat, orang-orang sakit. Ini gila," seru Porta.

Adapun wilayah Florida melaporkan 9.000 kasus baru covid-19 pada Kamis waktu setempat. Berikut, penambahan 120 kasus kematian akibat virus ganas tersebut.

Florida menjadi salah satu negara bagian yang enggan mengungkapkan jumlah pasien covid-19 di rumah sakit. Akan tetapi, puluhan rumah sakit Florida melaporkan unit perawatan intensif sudah mencapai kapasitas awal pekan ini.(France 24/OL-11)

 

Baca Juga

Dok. Istimewa

Malaysia tak Ingin Terjebak Perselisihan Tiongkok-AS

👤MI 🕔Jumat 07 Agustus 2020, 01:15 WIB
MENTERI Luar Negeri Malaysia Hishammuddin Hussein mengatakan negaranya harus memastikan tidak diseret dan...
AFP

Bantuan Kemanusiaan Terus Berdatangan

👤Faustinus Nua 🕔Jumat 07 Agustus 2020, 00:55 WIB
BANTUAN kemanusiaan dari komunitas internasional terus berdatangan untuk korban bencana ledakan dahsyat yang menghancurkan...
Antara

Lagi, Warga Negara Kanada Dihukum Mati di Tiongkok

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 20:55 WIB
PENGADILAN Tiongkok, menjatuhi hukuman mati terhadap warga negara Kanada Xu Weihong atas tuduhan memproduksi obat-obatan terlarang, Kamis...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya