Jumat 10 Juli 2020, 14:40 WIB

Ketua MPR Minta Pemerintah Terapkan Lagi PSBB Transisi

Ketua MPR Minta Pemerintah Terapkan Lagi PSBB Transisi

MI/PANCA SYURKANI
Ketua MPR Bambang Soesatyo

 

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendorong pemerintah lewat Tim Gugus Tugas Covid-19 melakukan pencegahan dan pengendalian pandemik dengan menerapkan kembali pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi.
  
Bambang Soesatyo dalam keterangan persnya yang diterima di Jakarta, Jumat, memberikan respon tersebut, karena Presiden Jokowi menyatakan lonjakan kasus covid-19, Kamis (9/7) sebesar 2.657 kasus merupakan sinyal bahaya yang harus ditindaklanjuti.
  
"Mendorong pemerintah bersama Tim Gugus Tugas Covid-19 segera menindaklanjuti lonjakan kasus tersebut dengan meningkatkan kewaspadaan terutama di tempat pusat penyebaran seperti, pasar tradisional, stasiun kereta, dan di angkutan umum, guna mencegah dan mengendalikan covid-19 dengan menerapkan kembali sekaligus PSBB transisi di setiap daerah," kata dia.
  
PSBB transisi, kata pria yang akrab disapa Bamsoet itu, khususnya diberlakukan di daerah yang memiliki lonjakan kasus covid-19 seperti Jawa Timur, Jawa Barat, dan DKI Jakarta.
  
Bamsoet juga mendorong pemerintah dan Tim Gugus Tugas Covid-19 baik pusat maupun daerah bekerja sama dengan TNI dan Polri untuk meningkatkan pengawasan dari pelaksanaan protokol kesehatan, terutama di area publik.
  
Pengawasan protokol kesehatan itu perlu disertai sanksi tegas bagi masyarakat yang tidak mematuhinya, sebagai upaya mendisiplinkan masyarakat, mengingat penambahan kasus itu disebabkan kurang disiplinnya masyarakat.
  
Baca juga : Palestina Diminta Bercermin dari Sejarah Indonesia

Pemerintah sebaiknya juga segera melakukan pembatasan kembali aktivitas sosial ekonomi, terutama kegiatan yang menyebabkan kerumunan massa dan klaster-klaster yang menyebabkan lonjakan kasus covid-19 sebagai upaya dalam menekan kasus baru di Indonesia.
  
Ketua MPR RI juga mengingatkan masyarakat agar memahami kondisi saat ini dan benar-benar patuh menjalankan protokol kesehatan pencegahan covid-19.
  
"Dengan cara disiplin menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak, mengingat cara tersebut merupakan langkah yang paling efektif untuk melindungi diri dari penularan covid-19," ujarnya. (P-5)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

KPK akan Optimalkan Penanganan Korupsi Korporasi

👤Dhika kusuma winata 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 16:57 WIB
Nawawi mengatakan komisi antirasuah hingga kini sudah menjerat sedikitnya enam korporasi sebagai tersangka. Dua perusahaan di antaranya...
MI/SUSANTO

KPK, Kejaksaan, dan Polisi, belum Maksimal Gunakan TPPU

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 16:02 WIB
Pengusutan pencucian uang di ketiga institusi penegak hukum itu masih minim. Hal itu juga berdampak pada pemulihan aset (asset recovery)...
ADAM DWI

Dinilai Lamban Tangani Kasus Etik, Dewas KPK: Kami Tidak Gegabah

👤antara 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 15:45 WIB
Dewas KPK tetap bekerja profesional dan tidak mau gegabah dalam memutus seseorang telah melanggar etik atau...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya