Jumat 10 Juli 2020, 13:38 WIB

Wali Kota Seoul Diduga Bunuh Diri Terkait Kasus Pelecehan

Insi Nantika Jelita | Internasional
Wali Kota Seoul Diduga Bunuh Diri Terkait Kasus Pelecehan

AFP
Jasad Wali Kota Seoul Park Won-soon disemayamkan di RS Universitas Nasional Seoul.

 

JASAD Wali Kota Seoul, Park Won-soon, ditemukan di perbukitan wilayah utara Seoul. Dia diduga bunuh diri karena terlibat kasus pelecehan.

Kepolisian Seoul menemukan catatan yang ditinggalkan Park. Dengan tinta dan kuas, Park menuliskan permintaan maafnya.

"Saya minta maaf kepada semua orang. Saya berterima kasih kepada semua orang yang telah bersama saya dalam hidup saya," bunyi catatan terakhir Park.

Pria berkaca mata itu pun berpesan agar jasadnya dikremasi dan abunya ditaruh di kuburan orang tuanya.

Baca juga: Sempat Hilang, Wali Kota Seoul Ditemukan Meninggal

“Saya minta maaf kepada keluargaku, kepada siapa pun yang merasa sakit hati. Sampai jumpa semuanya," lanjut surat yang dibubuhi tandatangan Park, tanpa menyinggung skandal yang beredar luas.

Park ditemukan tewas sehari setelah mantan sekretarisnya melaporkan kasus pelecehan seksual. Berdasarkan dokumen yang berisi pengakuan korban, diketahui sang sekretaris pribadi sudah bekerja dengan Park sejak 2015.

Korban menyebut tindakan pelecehan seksual terjadi saat jam kerja. Dia juga mendapat pesan cabul melalui aplikasi chatting.

Baca juga: Korsel Ingin Uji Coba Pengobatan Covid-19 di Eropa

"Saya menanggung ketakutan dan penghinaan yang luar biasa. Semua ini demi kepentingan Kota Seoul, saya sendiri dan Wali Kota Park," ujar sang sekretaris dalam dokumen pengakuan.

Pihak kepolisian mengonfirmasi sebuah laporan telah diajukan. Namun, kepolisian enggan menjelaskan lebih lanjut. Mengingat Park sudah meninggal dunia, otomatis penyelidikan kasus pelecehan itu ditutup.

Park yang berusia 64 tahun dikenal sebagai akitivis sipil dan pengacara hak asasi manusia (HAM). Dia terpilih sebagai Wali Kota Seoul pada 2011 dan digadang-gadang menjadi calon presiden Korea Selatan.(AFP/OL-11)

Baca Juga

AFP/Pei Chen

Menteri Kesehatan AS Bertemu Presiden Taiwan

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 10 Agustus 2020, 12:59 WIB
Azar berada di Taipei dalam lawatan selama tiga hari untuk membahas kesamaan demokrasi dan mempelajari kesuksesan Taiwan mengatasi...
AFP/ANTHONY WALLACE

Hartawan Prodemokrasi Hong Kong Ditangkap Berdasarkan UU Keamanan

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Senin 10 Agustus 2020, 12:40 WIB
Raja media Hong Kong Jimmy Lai, kritikus paling vokal terhadap Beijing ditangkap Senin, (10/8), di bawah undang-undang keamanan nasional...
AFP/Indranil MUKHERJEE

Hampir 200 Dokter di India Meninggal karena Covid-19

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Senin 10 Agustus 2020, 12:26 WIB
"Negara kita telah kehilangan 196 dokter, 170 di antaranya berusia di atas 50 tahun, dengan dokter umum menyumbangkan sekitar 40% dari...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya