Jumat 10 Juli 2020, 12:46 WIB

Warga Baleendah Manfaatkan Sampah Untuk Penunjang Ekonomi

Tjondro Resmiati | Nusantara
Warga Baleendah Manfaatkan Sampah Untuk Penunjang Ekonomi

MI/Tjondro Resmiati
Aktivitas di Bank Sampah Bersinar

 


SAMPAH bisa menghasilkan uang untuk dibelikan sembako. Itulah yang dilakukan bank sampah Bersinar di Kampung Mekarsari, Kelurahan Baleendah, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung. Bank sampah yang sudah berdiri sejak 2014 ini telah menerima penukaran sampah dengan sembako bagi warga tidak mampu.Fia Widyanti, petugas bank sampah Bersinar mengatakan sejak bank sampah berdiri pada 2014 sampai sekarang sudah memiliki 8000 nasabah.

"Saat ini sudah ada 500 unit bank sampah yang tersebar di desa-desa di wilayah Jawa Barat dengan nasabah sekitar 8.000 orang. Bank sampah ini bekerja sama dengan Bank BNI dan Pegadaian. Mereka menyalurkan nominal hasil penjualan sampah langsung ke rekening bank atau ke rekening pegadaian," ujar Fia, Jumat (10/7).

Warga yang akan menyetorkan sampah ke bank sampah harus memilah-milah sesuai kategori. Ada sampah plastik, sampah kertas, logam, kaca dan minyak jelantah. Kemudian sampah yang sudah dipilah ini kemudian disetorkan ke bank sampah. Dan pihak bank sampah bekerja sama dengan unit daur ulang untuk mengolah sampah-sampah yang sudah dipilah.

"Selama pandemi covid-19, penjemputan sampah dengan menyemprotkan disinfektan sebelum diolah lebih lanjut. Dan kami tidak menerima sampah medis," ujarnya.

baca juga: Pemkab Sleman Akan Bahas Kontijensi Merapi Sesuai Prokes Covid-19

Adapun harga sampah bervariasi. Untuk sampah karton/kertas Rp1.500 per kg. Sedangkan sampah tembaga Rp25.000 per kg. Setiap hari bank sampah mengolah 1.000-1.500 kg total volume sampah bersih yang siap didaur ulang. Dari penjualan sampah ini, warga bisa menabung uang di bank atau hasil penjualan dibelikan sembako dengan harga lebih murah dibandingkan harga di pasar. Mereka bisa membeli di warung BSB Bersinar Baleendah, unit usaha milik bank sampah. Selain sembako, warug BSB Bersinar juga menjual peralatan mandi, sabun cuci, pakaian, peralatan dapur. (OL-3)

Baca Juga

MI/Dwi Apriani

Besi Pembatas Jalan di Ampera Rusak, BBPJN Anggarkan Rp40 Juta

👤Dwi Apriani 🕔Rabu 12 Agustus 2020, 16:44 WIB
BBPJN Sumsel telah menganggarkan Rp40 juta  untuk memperbaiki 135 bollard atau besi pembatas Jembatan Ampera yang rusak dan...
Antara

Muarojambi Mulai Terbakar

👤Solmi 🕔Rabu 12 Agustus 2020, 16:09 WIB
Hampir sepuluh hektare lahan di sekitar konsesi sebuah korporasi di Desa Kemingking Dalam, Kecamatan Taman Rajo, terpanggang semenjak...
Dok/Ist

Pemerintah Diminta Percepat Pembangunan di Labuan Bajo

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 12 Agustus 2020, 16:00 WIB
Dengan semakin banyak pembangunan di Labuhan Bajo otomatis semakin sejahtera...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya