Jumat 10 Juli 2020, 11:25 WIB

NasDem Ajak Parlemen Asia Kolektif Perangi Covid-19

Insi Nantika Jelita | Politik dan Hukum
NasDem Ajak Parlemen Asia Kolektif Perangi Covid-19

MI/Anggoro
Anggota Badan Kerja Sama Antar-Parlemen DPR RI dari Fraksi NasDem, Muhammad Farhan

 

Anggota Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI dari Fraksi NasDem, Muhammad Farhan meminta parlemen Asia bahu membahu memerangi virus covid-19.

Hal itu ia sampaikan saat virtual sidang perdana Asian Parliamentary Assembly (APA), Kamis (9/7). Sidang yang diinisiasi Parlemen Turki sebagai Presiden APA tersebut mengangkat tema ‘Covid-19 Outbreak'.

"Saya mengajak Parlemen Asia mendukung Global Solidarity to Fight the Coronavirus Disease 2019 yang diadopsi Majelis Umum PBB. Diplomasi Parlemen harus berkontribusi meneguhkan kerja sama internasional melalui aksi kolektif global untuk memerangi pandemi,” ungkap Farhan dalam keterangan resminya, Jakarta, Jumat (10/7).

Baca juga: Perkuat Nasionalisme, PIP Penting Diatur dengan UU

Anggota Komisi I DPR RI dari dapil Jawa Barat I itu mengatakan peran parlemen saat ini sangat krusial. Setiap kebijakan yang diambil bisa menentukan seberapa cepat dunia akan pulih, dan seberapa baik menangani virus covid-19.

"Ini adalah krisis kemanusiaan dan pembangunan. Pandemi ini menuntut kita berinvestasi secara kolektif dalam menciptakan sistem yang tangguh yang melampaui isu kesehatan," jelas Farhan.

NasDem menyebut ada dampak terburuk pandemi covid-19 terhadap komitmen global pembangunan berkelanjutan (SDGs) tentang rancangan bersama menciptakan dunia yang tak satu pun tertinggal atau leave no one behind.

"Terepas dari penelitian dan pengembangan vaksin covid-19 yang masih berlangsung, kita harus melihat ke depan karena pandemi covid-19 ini sangat merusak prospek capaian kesehatan global pada tahun 2030 dan tentu berdampak langsung pada semua target SDGs lainnya,” pungkas Farhan. (OL-14)

 

Baca Juga

ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

PSBB Transisi di Jakarta Diperpanjang, Fokus Penegakan Aturan

👤 Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 13 Agustus 2020, 21:20 WIB
Gubernur DKI Jakarta resmi memperpanjang PSBB Masa Transisi di fase pertama ini untuk keempat kalinya hingga tanggal 27 Agustus...
Antara

KPK Bidik Pencucian Uang Wali Kota Banjar

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Kamis 13 Agustus 2020, 20:11 WIB
KPK saat ini tengah menyidik dugaan korupsi proyek insfrastruktur pada Dinas PUPR Kota Banjar (2012-2017). KPK mensinyalir ada dugaan...
Antara

Mantan Bupati Bogor RY Ditahan KPK Lagi

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Kamis 13 Agustus 2020, 19:45 WIB
KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk kedua kalinya menahan mantan Bupati Bogor Rachmat Yasin...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya