Jumat 10 Juli 2020, 11:10 WIB

Fraksi NasDem Minta Anies Tetap Prioritaskan Pengendalian Banjir

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Fraksi NasDem Minta Anies Tetap Prioritaskan Pengendalian Banjir

MI/Andri Widiyanto
Banjir yang melanda kelurahan Cawang Jakarta Timur pada Mei 2020

 

Masih teringat jelas kegelisahan anggota Fraksi Partai NasDem DPRD DKI Jakarta Nova Harivan Paloh soal banjir besar yang melanda Jakarta pada Januari silam. Banjir itu setidaknya merendam ratusan RW dan belasan ribu rumah di Jakarta dalam kurun hampir 1 bulan.

Oleh karena itu, Nova meminta agar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tetap memprioritaskan penanganan banjir meski saat ini Jakarta tengah dilanda wabah virus covid-19.

Program pengendalian banjir, kata anggota Komisi D Bidang Pembangunan dan Lingkungan Hidup itu, harus tetap berlanjut dan ikut disisihkan dari segi anggaran bersama anggaran penanganan covid-19.

"Saya pribadi dan mewakili fraksi, pertama banjir itu harus tetap diutamakan meski saat pandemi. Seperti program normalisasi bersama pemerintah pusat harus tetap dilanjutkan," kata Nova, Jumat (10/7).

Baca juga: Wagub DKI Dorong Dewan Kota Sosialisasikan Protokol Keseshatan

Normalisasi, menurut Nova, harus segera dilanjutkan. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI sebisa mungkin mengadakan anggaran pembebasan lahan normalisasi di APBD Perubahan 2020 yang akan dibahas bulan ini atau bulan depan.

Target pembebasan lahan untuk normalisasi diketahui berada di dua lokasi, yakni di Kelurahan Cipinang Melayu, Jakarta Timur untuk normalisasi Kali Sunter. Lalu, di empat kelurahan di Jakarta Selatan untuk normalisasi di Kali Ciliwung.

Selain itu, program pengendalian banjir lainnya yang harus dijalankan ialah peremajaan pompa-pompa yang sudah tua serta pembangunan tanggul laut di pesisir Jakarta Utara untuk mencegah banjir rob.

"Saya minta segera bisa disisihkan di APBD Perubahan. Kalau sekarang kan ya saya mengerti ini ada covid-19. Tapi sekarang dengan sektor sudah ada yang dibuka, harapannya pendapatan naik lagi," tukas Nova.

Meski saat ini kekurangan dana karena pandemi covid-19, Nova mengapresiasi kinerja Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI yang masih melakukan program rutin, yaitu pengurasan sedimentasi saluran-saluran, waduk, dan kali.

Program itu, menurut pantauan Nova di sejumlah wilayah berjalan dengan baik.

"Ya saya lihat untuk upaya kerja rutin itu berjalan cukup baik. Cuma kan banjir nggak cukup ditangani dengan pengurasan saluran saja. Proyek-proyek yang besar juga tetap harus dilanjutkan," pungkasnya. (OL-14)

 

Baca Juga

MI/Fransisco Carolio

Marak Klaster Perkantoran, DKI Minta Perusahaan Lebih Serius

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Rabu 12 Agustus 2020, 17:45 WIB
Pemprov DKI telah menggaungkan berbagai upaya pencegahan covid-19 di lingkungan kantor. Arahan itu tertuang dalam Surat...
MI/Fransisco Carolio

RSUP Persahabatan Overload, Banyak Pasien Covid-19 Ditolak

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 12 Agustus 2020, 16:55 WIB
Pihak Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan membenarkan banyak menolak pasien covid-19 karena kapasitas untuk daya tampung untuk...
ANTARA/ARIF FIRMANSYAH

HUT ke-75 RI Momentum untuk Merawat Persatuan dan Kesatuan

👤Mathias S Brahmana 🕔Rabu 12 Agustus 2020, 16:50 WIB
Sejatinya kondisi tersebut tidak mengurangi kekhusukan kita dalam merayakan moment bersejarah tersebut pada 17 Agustus...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya