Jumat 10 Juli 2020, 10:35 WIB

Penjabat Sekda Baru Dilantik Harus Sukseskan Pilkada 2020

Benny Bastiandy | Nusantara
Penjabat Sekda Baru Dilantik Harus Sukseskan Pilkada 2020

MI/Benny Bastiandy
Cecep Alamsyah dilantik dan diambil sumpah jabatan sebagai Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Cianjur, di Pendopo, Kamis (9/7/2020)

 

PELAKSANA Tugas Bupati Cianjur, Jawa Barat, Herman Suherman, menaruh harapan kepada Penjabat Sekretaris Daerah bisa berkontribusi menyukseskan terselenggaranya Pilkada 2020 dengan aman, damai, dan tertib di tengah pandemi covid-19. Hal itu menyusul dilantiknya Cecep Alamsyah sebagai Penjabat Sekda Kabupaten Cianjur setelah mendapat persetujuan dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Kamis (9/7) malam di Pendopo.

"Saya sudah tegaskan, tugas Sekda ke depan tentu tidak main-main dan relatif cukup berat. Terutama menghadapi Pilkada yang rencananya akan dilaksanakan pada 9 Desember 2020. Sekda dan jajarannya harus ikut menyukseskan Pilkada dengan lancar, aman, dan tertib," terang Herman seusai pelantikan, Kamis (9/7) malam. 

Tugas lain Sekda yang relatif cukup berat saat ini yakni penanganan pandemi covid-19. Sekda harus mampu ikut mengoordinasikan semua elemen pemerintahan dan instansi lainnya dalam penanganan covid-19.

"Koordinasi perangkat daerah dan ASN berada di tangan Sekda. Ini tentunya bukan tugas mudah. Tapi saya percaya, pak Cecep Alamsyah bisa mengemban tugas dan kepercayaan ini dengan baik," tegasnya.

Dibutuhkan juga kreativitas dan inovasi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat serta mengejawantahkan visi dan misi Kabupaten Cianjur yaitu lebih maju dan agamis. Utamanya membantu kepala daerah menjelang akhir masa jabatan.

"Pelantikan Penjabat Sekda ini berdasarkan Perpres Nomor 3/2018 bahwa pengangkatan Sekda itu harus mendapatkan persetujuan dari Gubernur sebagai wakil dari pemerintah pusat," terangnya.

Menurut Herman, tugas pokok dan fungsi penjabat Sekda hampir setara dengan definitif. Artinya, Cecep Alamsyah memiliki kewenangan yang sama dengan jabatan definitif.

"Tugas penjabat itu hampir sama dengan definitif," pungkasnya.

Sementara itu Cecep Alamsyah mengaku, ditunjuknya ia sebagai penjabat Sekda tentu menjadi sebuah kepercayaan yang harus dilaksanakan dengan baik. Ia pun mengaku siap menjalankan tugas yang telah diinstruksikan Plt Bupati Cianjur sebagai pimpinan daerah.

"Insya Allah harus siap, tentu dengan dukungan dari semua pihak," kata Cecep.

Cecep awalnya ditunjuk Plt Bupati menjadi Pelaksana Harian Sekda Cianjur menggantikan Aban Subandi yang telah memasuki masa pensiun. Selain Aban Subandi, kata Cecep, ada tiga pejabat eselon II lainnya di lingkungan Pemkab Cianjur yang akan pensiun.

"Memang tahun ini ada empat pejabat eselon II yang pensiun, termasuk pak Aban (Sekda terdahulu)," terang Cecep.

baca juga: Pilkada Klaten, NasDem Dukung ABY-HJT

Sementara menunggu dilaksanakannya open bidding (lelang terbuka) untuk mengisi kekosongan pejabat eselon II yang pensiun, kata Cecep, maka Plt Bupati mengangkat atau menunjuk Penjabat Sekda sampai nanti ditetapkan yang definitif. Pelaksanaan lelang terbuka bagi pejabat eselon II sendiri, lanjut Cecep, harus mendapatkan persetujuan dari Menteri Dalam Negeri.

"Ada prosedur yang mesti ditempuh untuk pelaksanaan lelang karena kan sekarang mau Pilkada ditambah pak Bupati sendiri masih Plt, itu harus mendapat persetujuan dari Mendagri," tandas Cecep. (OL-3)

Baca Juga

DOK MI

Perawat Pasien Covid-19 di RSUD Nagan Raya Tuntut Kejelasan Upah

👤Antara 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 01:58 WIB
Salah satu penyebab aksi protes terkait upah yang dituntut sebesar Rp7,5 juta per bulan sesuai dengan Permenkes terkait upah/gaji perawat...
DOK MI

Pejabat Positif Covid, Pegawai Dinkes Aceh Besar Jalani Swab Test

👤Antara 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 01:47 WIB
Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Aceh Besar terus merupaya memutus mata rantai penyebaran virus...
MI/Akhmad Safuan

Bupati Pemalang dan Dua Pejabat Sembuh dari Covid-19

👤Akhmad Safuan 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 00:53 WIB
Junaedi melanjutkan dirinya sudah melakukan aktivitas seperti biasa. Ia mengaku segar bugar seperti pada saat dirawat di rumah sakit karena...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya