Jumat 10 Juli 2020, 10:27 WIB

Perkuat Nasionalisme, PIP Penting Diatur dengan UU

Cahya Mulyana | Politik dan Hukum
Perkuat Nasionalisme, PIP Penting Diatur dengan UU

ANTARA/Yusuf Nugroho
Ilustrasi--Warga mengarak replika lambang negara Indonesia Garuda Pancasila saat mengikuti Kirab Merah Putih di Desa Loram, Kudus, Jateng.

 

PANCASILA sebagai dasar dan ideologi negara harus ditanamkan dan diamalkan oleh setiap warga negara. Karenanya, perlu regulasi khusus yang menjadi payung hukum bagi pembinaan ideologi Pancasila yang berkesinambungan untuk memperkuat nasionalisme.

Guru Besar Fakultas Universitas Padjadjaran (Unpad) Romli Atmasasmita mendukung pengaturan Pembinaan Ideologi Pancasila (PIP) diatur dalam Undang-Undang (UU).

Pasalnya, pembinaan Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara penting dilakukan bagi setiap warga negara, aparatur negara hingga pemerintah.

Baca juga: RUU Cipta Kerja Memantik Pemerataan Pembangunan

"Apalagi Pancasila adalah sumber dari segala hukum. Pembinaan Ideologi Pancasila penting diatur dalam UU," kata Romli dalam keterangan resmi, Jumat (10/7).

Romli mengatakan pengaturan PIP dalam UU harus memastikan untuk pemahaman, penghayatan dan pengamalan Pancasila agar tidak berpengaruh dari konflik pemikiran liberalisme dan marxisme, serta pengaruh kolonialisme yang antinasionalisme. Pengaturan PIP dalam UU nantinya mengatur koridor pengamalan nilai-nilai Pancasila.

"Sehingga hukum yang akan diterapkan berdasarkan nilai Pancasila adalah yang mengutamakan perdamaian, musyawarah serta berbasis hukum adat," pungkasnya. (OL-1)

Baca Juga

Antara

KLB Gerindra Dapuk Prabowo Ketua Umum Lagi

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Sabtu 08 Agustus 2020, 16:55 WIB
PRABOWO Subianto resmi dikukuhkan lagi sebagai Ketua Umum Gerindra untuk periode 2020-2025 pada Kongres Luar Biasa (KLB) di Hambalang,...
Antara/Raisan Al Farisi

Tenaga Medis yang Gugur Tangani Korona Diberi Bintang Kehormatan

👤CahyA Mulyana 🕔Sabtu 08 Agustus 2020, 16:53 WIB
Rencananya sebanyak 22 tenaga medis akan menerima bintang Jasa Pratama dan bintang Jasa...
MI/SUSANTO

TNI Disiplinkan Protokol, NasDem: Jangan Buruk Sangka

👤Cahya Mulyana 🕔Sabtu 08 Agustus 2020, 16:05 WIB
TNI tidak bergerak sendiri secara institusional namun di bawah koordinasi dan perintah penguasa...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya