Jumat 10 Juli 2020, 07:26 WIB

Ahli: Tidak Ada Zona Hijau Di Indonesia

Putri Anisa Yuliani | Humaniora
Ahli: Tidak Ada Zona Hijau Di Indonesia

Luis ACOSTA / AFP
Petugas kesehatan melakukan swab test covid-19

 

EPIDEMIOLOGIS dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Pandu Riono menyebut penetapan status zona hijau di Indonesia oleh pemerintah pusat menyesatkan. Pandu dalam sebuah webinar yang berlangsung pada Kamis (9/7) menjelaskan pemerintah seharusnya menganggap seluruh daerah di Indonesia adalah zona merah covid-19. Tidak adanya kasus baru atau sama sekali tidak ada kasus positif covid-19 di suatu daerah bukan menjadi patokan keamanan dari covid-19.

"Di Indonesia tidak ada zona hijau. (Penetapan) itu palsu. Kita semua berpotensi menularkan. Hanya masalah ketahuan atau tidak ketahuan," kata Pandu.

Ia menjelaskan ada daerah yang diduga belum secara aktif meningkatkan kemampuan tes usap PCR yang menjadi pendeteksi paling akurat adanya virus dalam tubuh. Dengan demikian kasus baru tidak akan terdeteksi agar bisa ditarik kesimpulan bahwa kasus menurun dan daerah tersebut sudah aman.

Virus, kata Pandu, meluas karena mengikuti mobilitas manusia. Apabila mobilitas masih tinggi dan berjalan normal, virus pun mengikuti sehingga bisa tersebar ke seluruh daerah.

"Wilayah itu disebut zona hijau karena 'testing'-nya rendah. Virus itu bukan berdasarkan tempat tinggalnya tapi pergerakan manusianya. Mobilitas kita masih sangat tinggi. Ini masalah besar kita, dinamika mobilitas," ujarnya.

baca juga: Banyak Kasus Tak Bergejala, Epidemiolog Ingatkan Pentingnya PCR

Untuk itu, Pandu menyarankan agar daerah betul-betul maksimal dalam menjalankan dan meningkatkan kapasitas pemeriksaan covid-19 khususnya tes usap yang lebih akurat. Selain itu, pencegahan penularan covid juga harus dilakukan dengan masifnya sosialisasi gerakan 3M yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.(OL-3)

Baca Juga

Medcom

YLKI Tuding Pejabat Publik Picu Munculnya Obat Covid-19 Abal-Abal

👤Kautsar Bobi 🕔Senin 10 Agustus 2020, 12:14 WIB
Saat ini, obat-obat herbal yang diklaim dapat membunuh virus korona telah memenuhi lini media...
DOK KEMENDIKBUD

Cerdas Berliterasi pada Asesmen Kompetensi Minimum

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 10 Agustus 2020, 12:05 WIB
Peringkat nilai PISA Indonesia berdasarkan survei tahun 2018 adalah Membaca (peringkat 72 dari 77 negara), Matematika (Peringkat  72...
ANTARA/M Agung Rajasa

Indonesia Butuh 500 Juta Dosis Vaksin Covid-19

👤 Insi Nantika Jelita 🕔Senin 10 Agustus 2020, 11:50 WIB
Hal itu didapat dari perhitungan bahwa kebutuhan vaksin se-Indonesia cukup 64% jumlah penduduk yang 260 juta. Lalu dikalikan dengan...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya