Jumat 10 Juli 2020, 07:19 WIB

RUU Cipta Kerja Memantik Pemerataan Pembangunan

Cahya Mulyana | Politik dan Hukum
RUU Cipta Kerja Memantik Pemerataan Pembangunan

MI/Moh Irfan
Ketua Badam Legislasi DPR Supratman Andi Agtas (kiri) bersama Wakil Ketua Baleg DPR Willy Aditya (kanan) memimpin rapat RUU Cipta Kerja

 

RANCANGAN Undang Undang (RUU) Cipta Kerja dinilai dapat menimbulkan pemerataan pembangunan. Dengan kemudahan investasi yang ditawarkan regulasi ini, lapangan kerja tidak hanya tercipta di pusat kota tetapi hingga ke daerah.

"Nantinya, lapangan pekerjaan akan luas karena investasi dengan mudah sampai ke daerah-daerah. Artinya, kalau selama ini pengurusan selama ini berbelit, akan dimudahkan," kata Pengamat Kebijakan Publik Trubus Rahadiansyah dalam keterangan resmi, Sabtu (10/7).

Ia mengatakan, semangat RUU Cipta Kerja adalah memangkas tumpang tindih regulasi. Maka kemudahan regulasi yang ditawarkan RUU Cipta Kerja akan memberikan keuntungan di daerah-daerah tujuan investasi. Trubus mengatakan, tumpang tindih regulasi di pusat dan daerah selama ini menjadi kendala utama dalam investasi. Menurutnya, RUU Cipta Kerja akan memberikan kemudahan dalam berinvestasi sehingga menarik minat investor untuk menanamkan modalnya di Indonesia.

baca juga: RUU Cipta Kerja Dinilai Beri Dampak Positif Bagi Perekonomian

Lebih lanjut, Trubus mengatakan, iklim investasi yang baik akan menciptakan lapangan kerja. Industri-industri di daerah pun menurutnya akan ikut berkembang.

"Menurut saya, akan terjadi peningkatan ekosistem karena selama ini aturan investasi antara pusat dan daerah tumpang tindih, berbelit, over regulated. Dan itu mempersulit investor melakukan eksekusi. Nantinya, dengan sendiri RUU Cipta Kerja semuanya akan lebih ringkas," pungkasnya. (OL-3)

Baca Juga

DOK DPR RI

Jelang Sidang Tahunan, Kompleks Parlemen Disemprot Disinfektan

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 10 Agustus 2020, 12:52 WIB
Penyemprotan dilakukan mulai sekitar pukul 10.23 WIB. Sebanyak 7 unit mobil, 9 alat penyemprotan, dan 54 petugas dikerahkan Sudin Gulkarmat...
MI/Adam Dwi

KPK Periksa 3 Anggota DPRD Muara Enim

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 10 Agustus 2020, 11:36 WIB
KPK memeriksa tiga anggota DPRD Muara Enim yakni Thalib Yahya, Liono Basuki dan Dwi...
MI/Adam Dwi

KPK Periksa Satu Saksi untuk Nurhadi

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 10 Agustus 2020, 11:09 WIB
Saksi tersebut adalah Ferdy Yuman, karyawan swasta yang keterangannya dibutuhkan...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya