Jumat 10 Juli 2020, 06:00 WIB

Limbah masih Mengalir di Bengawan Solo

(HT/N-2) | Nusantara
Limbah masih Mengalir di Bengawan Solo

haryanto mega
Dalam rapat tertutup para pengusaha pembuang limbah Bengawan Solo Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Pangdam IV /Diponegoro

 

SUDAH enam bulan peringatan dilontarkan Ganjar Pranowo. Ia minta semua perusahaan di sepanjang bantaran Sungai Bengawan Solo memperbaiki pengelolaan limbahnya.

Gubernur Jawa Tengah itu memberi tenggang 12 bulan untuk perbaikan. Jika tidak, ia akan membawa pelanggaran itu ke ranah hukum.

Namun, sampai kemarin, ternyata limbah masih dibuang langsung ke sungai. "Sampai hari ini masih terjadi pencemaran meski tidak separah tahun lalu," kata Gubernur Jawa Tengah geram.

Kemarin, ia mengumpulkan anak buahnya dan beberapa pengusaha yang bertanggung jawab atas nasib sungai itu. Mereka melaporkan ada beberapa perusahaan yang masih nekat mengabaikan peringatan keras sang gubernur.

"Beberapa komunitas dan usaha kecil, seperti pabrik ciu, peternakan babi, dan tekstil sudah memperbaiki diri. Ada perusahaan yang mengaku membuang limbah karena mesin pengolahnya rusak," tambah Ganjar. (HT/N-2)

Baca Juga

DOK MI

Pemkab Cianjur Kejar Target 10 Ribu Swab Test

👤 Benny Bastiandy 🕔Sabtu 15 Agustus 2020, 02:50 WIB
Pemkab Cianjur akan meminta bantuan pengadaan alat tes usap ke Pemprov Jabar. Alat tes usap diperlukan untuk memenuhi target jumlah...
DOK MI

Pelayanan RSUD Cibabat Cimahi Kembali Dibuka

👤Depi Gunawan 🕔Sabtu 15 Agustus 2020, 02:30 WIB
RSUD CIbabat Cimahi sempat ditutup selama tiga hari pascabelasan pegawai terkonfirmasi positif virus korona...
DOK MI

Jelang Pilkada, Perguruan Silat di Sidoarjo Deklarasi Damai

👤Heri Susetyo 🕔Sabtu 15 Agustus 2020, 02:16 WIB
Deklarasi damai belasan perguruan silat dilakukan untuk menjadi situasi di Sidoarjo akan tetap kondusof jelang digelarnya pemilihana kepala...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya