Jumat 10 Juli 2020, 05:50 WIB

Pembangunan Infrastruktur Terus Berjalan di Tengah Pandemi

(DY/MY/AT/N-2) | Nusantara
Pembangunan Infrastruktur Terus Berjalan di Tengah Pandemi

Dok. Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR)
Proyek pembangunan Jembatan Sei Alalak, di Banjarmasin

 

DENGAN datang mendadak, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono membuat para pekerja proyek pembangunan Jembatan Sei Alalak, di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, sempat terperangah.

Namun, mereka bisa tenang kembali karena sang menteri datang untuk menyuntikkan semangat. "Di masa pandemi ini, tetap patuhi protokol kesehatan dalam bekerja. Jaga jarak, pakai masker, dan hindari kerumun an," ungkap Basuki.

Ia juga mengajak para pekerja proyek optimistis. "Kita harus bisa bertahan, survive melewati pandemi dengan baik. Tetap melakukan upaya antisipasi dalam kegiatan pekerjaan ini." Pada kesempatan yang sama, Menteri Basuki memastikan proyek-proyek pembangunan terus berjalan di tengah pandemi. Pemerintah mendorong semua proyek lebih mengutamakan penggunaan komponen produksi dalam negeri.

"Jangan terlalu cepat memutuskan untuk mengimpor bahan dari luar jika masih ada produk sendiri walaupun harganya sedikit lebih mahal," tuturnya. Kepada Menteri, Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Kalsel, Syauqi Kamal, menyatakan progres konstruksi pembangunan Jembatan Sei Alalak sepanjang 850 meter telah mencapai 67%. "Saat ini memasuki tahap pekerjaan bentang utama. Jembatan yang menghubungkan Banjarmasin-Barito Kuala ini ditargetkan kelar 2021."

Proyek infrastruktur tetap berjalan di tengah pandemi. Salah satunya pekerjaan fisik Tol Bengkulu-Sumatra Selatan seksi I sudah tersambung 6,5 kilometer. "Seksi I menghubungkan Kota Bengkulu dengan Lubuk Linggau, Sumatra Selatan. Badan jalan menggunakan beton rigid," kata Humas PT Hutama Karya Chandra Irawan.

Di Yogyakarta, Gubernur Sri Sultan Hamengku Buwono X menargetkan proses pembebasan dan pembayaran lahan Tol Yogyakarta-Solo tuntas pada 2021. "Pembangunan fi sik dimulai pada 2022. Selama sosialisasi yang sudah dilakukan, secara prinsip tidak ada pihak yang keberatan terhadap pembangunan tol ini." (DY/MY/AT/N-2)

Baca Juga

Ist/Pemprov.Babel

Bendungan Metukul Jadi Lokasi Kunjungan Kerja Presiden di Babel

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 03 Agustus 2020, 18:21 WIB
Dalam kunjungan tersebut, Gubernur Erzaldi ingin melihat secara langsung kondisi bendungan yang akan menjadi tujuan kunjungan kerja...
MI/Adi Kristiadi

Paus Tutul Terdampar di Pantai Cipatujah, Tasikmalaya

👤Adi Kristiadi 🕔Senin 03 Agustus 2020, 17:22 WIB
Seekor ikan paus tutul sepanjang 6 meter terdampar di Pantai Cipatujah tepatnya berada di Kampung Alur, Desa Ciheras, Kecamatan Cipatujah,...
ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

Gubernur DIY: Pembelajaran Tatap Akan Muka Dimulai dari Mahasiswa

👤Antara 🕔Senin 03 Agustus 2020, 17:05 WIB
Pembukaan kegiatan pendidikan tatap muka akan dilakukan secara bertahap dimulai dari perguruan tinggi kemudian diikuti jenjang di...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya