Jumat 10 Juli 2020, 00:10 WIB

Kasus Covid di Amerika Serikat Capai 3 Juta

Faustinus Nua | Internasional
Kasus Covid di Amerika Serikat Capai 3 Juta

AFP
Kasus Covid di Amerika Serikat Capai 3 Juta

 

JUMLAH kasus positif covid-19 di Amerika Serikat kemarin kembali bertambah menjadi 3 juta kasus. Di sisi lain, Presiden Donald Trump mendorong sekolah-sekolah untuk kembali dibuka meski pandemi terus berjangkit terutama di selatan negara itu.

AS tetap menjadi negara terparah di dunia dalam pandemi covid-19 dengan lebih dari 132 ribu korban meninggal. Di urutan kedua ialah Brasil dengan 67 ribu korban meninggal dan hampir 1,7 juta kasus. Presiden Brasil Jair Bolsonaro, yang meragukan virus itu, kini juga sudah terjangkit oleh virus.

Seiring dengan naiknya infeksi, dengan 55 ribu kasus tambahan sehingga total menjadi 3.046.351 kasus, Trump meminta siswa kembali bersekolah pada musim gugur mendatang. Ia mengkritik Centers for Disease Control and Prevention (CDC) karena membuat aturan yang dianggapnya terlalu membatasi warga.

Kepala CDC kemudian menyatakan aturan itu ‘bukan sebuah keharusan’ dan pihaknya akan segera merombak aturan tersebut. Penegasan pembukaan sekolah juga dilontarkan Menteri Pendidikan Betsy DeVos. “Sekolah harus segera dibuka. Soal caranya, sebaiknya diserahkan kepada para pemimpin komunitas dan pendidikan,” ujarnya seperti dikutip ABC News.

Sementara itu, kampuskampus bergengsi seperti Harvard dan MIT telah menuntut pemerintahan Trump. Penyebabnya Trump telah mengancam mencabut visa mahasiswa asing yang kini belajar secara daring karena pandemi covid-19.

Di lain hal, pejabat kesehatan di Negara Bagian Oklahoma mengatakan naiknya kasus covid-19 di wilayah itu amat mungkin disebabkan berlangsungnya kampanye kontroversial Trump di Tulsa bulan lalu.


Menolak terbang

Pilot dan awak kabin United Airlines dan American Airlines telah menolak untuk terbang ke Hong Kong lantaran adanya kebijakan yang mewajibkan pemeriksaan covid-19. 

Pihak maskapai penerbangan merasa khawatir semua kru akan dikarantina selama 14 hari bila salah satunya dikonfirmasikan positif. Menurut mereka, hal itu tidak dapat diterima dan justru akan membuat operasional selanjutnya menjadi kacau.

Maskapai penerbangan dan para awak mereka lebih memilih membatalkan penerbangan meski hal itu berdampak pada kerugian bagi perusahaan. “UA877 dibatalkan karena perubahan terbaru dalam protokol pemeriksaan (covid-19) di Hong Kong. Penerbangan United ke dan dari Hong Kong ditangguhkan hingga 10 Juli,” kata juru bicara United Airlines seperti dilansir South China Morning Post.

Pembatalan mendadak layanan penerbangan United dan AA didasari kekhawatiran yang diangkat serikat pilot kedua perusahaan terkait dengan pemeriksaan covid-19. AA yang diperkirakan akan melanjutkan penerbangan ke Hong Kong minggu ini pun telah menangguhkan layanan hingga 5 Agustus.

Selama dua hari terakhir, 38 orang telah dikonfirmasikan terinfeksi covid-19 di Hong Kong. Sebagian besar terinfeksi dari kasus lokal dan beberapa pasien tidak memiliki riwayat perjalanan sehingga tidak ada sumber infeksi yang dapat diidentifikasi. (AFP/X-11)
 

Baca Juga

AFP/Olivier DOULIERY

TikTok Berencana Pindahkan Kantor dari AS

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 04 Agustus 2020, 09:57 WIB
Surat kabar Inggris, The Sun, menuliskan TikTok akan membangun kantor di...
AFP/Frederic J BROWN

Kasus Covid-19 di AS Bertambah 46.321 dalam 24 Jam

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 04 Agustus 2020, 09:09 WIB
Secara total, 'Negeri Paman Sam' itu mencatatkan 4.711.323 kasus dengan 155.366 kematian, tertinggi di...
AFP/Carl DE SOUZA

Kepala Staf Bolsonaro Positif Covid-19

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 04 Agustus 2020, 09:03 WIB
Braga Netto menjadi pejabat setingkat menteri Brasil ketujuh yang terinfeksi...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya