Kamis 09 Juli 2020, 21:25 WIB

Komisi III Minta Menkumham Fokus ke Djoko Tjandra

Putra Ananda | Politik dan Hukum
Komisi III Minta Menkumham Fokus ke Djoko Tjandra

MI/M Soleh
Djoko Tjandra

 

KOMISI III DPR meminta Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) mengerahkan seluruh jajarannya untuk mengejar buron kasus cessie Bank Bali, Djoko Tjandra. Hal itu dilakukan agar Djoko bisa segera tertangkap seperti halnya Menkumham yang berhasil mengekstradisi tersangka kasus pembobolan Bank BNI Rp 1,7 triliun pada 2002, Maria Pauline Lumowa dari Serbia ke Indonesia.

"Saya mendorong Menkum HAM yang sudah berhasil membawa pulang Maria Lumowa juga melakukan terobosan-terobosan yang sama terhadap Djoko Tjandra," kata Ketua Komisi III Herman Hery di Jakarta, Kamis (8/7).

Herman meyakini bahwa saat ini Menkumham Yasona Laoly juga sedang berupaya penuh untuk membantu kejaksaan dan kepolisian melacak keberadaan Djoko Tjandra.

"Saya paham betul suasana kebatinan Menkum HAM sebagai manusia biasa terkait kasus Djoko Tjandra, pasti ada rasa malu, galau, bahkan marah, karena sorotan publik dan media terhadap kasus tersebut.

Baca juga : Jaksa KPK Abaikan Hasto Kristiyanto

Menurut Herman perlu kerja sama berbagai pihak untuk menangkap Djoko Tjandra. Aparat penegak hukum dimintanya bekerja sama untuk bisa menangkap buron itu.

"Tanggung jawab atas penangkapan buronan tersebut bukan hanya berada di pundak Menkum HAM, tetapi aparat penegak hukum lainnya juga harus bergandengan tangan, seperti Polri dan Kejaksaan, untuk bersama-sama melakukan terobosan atas nama negara. Menkum HAM diharapkan bisa berkoordinasi dengan Polri dan Kejaksaan," ujarnya.

Tersangka kasus pembobolan Bank BNI Rp 1,7 triliun pada 2002, Maria Pauline Lumowa, diekstradisi dari Serbia ke Indonesia. Yasonna diketahui memimpin tim ekstradisi yang membawa pulang Maria dari Serbia.

Di sisi lain, buron kasus cessie Bank Bali,Djoko Tjandra, belum tertangkap. Djoko diketahui sudah berada di Indonesia, bahkan mendaftarkan sendiri peninjauan kembali (PK) ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. (OL-2)

 

Baca Juga

ANTARA/Indrayadi TH

DPR Diminta Cermat Bahas Perpres Pelibatan TNI Tangani Terorisme

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Minggu 09 Agustus 2020, 09:11 WIB
"Reformasi sektor keamanan tidak boleh dirusak. Pintu pelibatan tanpa batas harus...
ANTARA/R Rekotomo

Polri: Calon Taruna Akpol Harus Bebas Covid-19

👤Kautsar Bobi 🕔Minggu 09 Agustus 2020, 08:49 WIB
Seorang calon taruni Akpol dari Kepulauan Riau batal diterima karena positif covid-19 meski menjadi yang teratas dalam uji...
ANTARA/Reno Esnir

KPK Pelajari PP Pengalihan Status Pegawai Menjadi ASN

👤Fachri Audhia Hafiez 🕔Minggu 09 Agustus 2020, 08:35 WIB
Pasal 6 dalam PP itu menyebut proses pengalihan pegawai KPK menjadi ASN akan diatur lebih lanjut dalam peraturan...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya