Kamis 09 Juli 2020, 21:21 WIB

Klaster Secapa AD Sumbang Rekor Tertinggi Korona Hari Ini

Ferdian Ananda Majni | Humaniora
Klaster Secapa AD Sumbang Rekor Tertinggi Korona Hari Ini

AFP
Ilustrasi

 

INDONESIA mencatat penambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 pada hari ini Kamis (9/7) ada sebanyak 2.657. Sehingga totalnya menjadi 70.736 orang. Adapun sebaran penambahan kasus yang terbanyak didapatkan dari Provinsi Jawa Barat, yakni sebanyak 962 orang dan pasien sembuh dilaporkan 27 orang.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yuriantomengatakan tingginya penambahan kasus positif pada hari ini disumbangkan oleh hasil pemeriksaan di klaster Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapa AD) Bandung, Jawa Barat.

Perihal itu diketahui setelah penyelidikan epidemiologi yang dilakukan di klaster baru tersebut sejak 29 Juni.

"Kita dapat keseluruhan dari klaster ini 1.262 orang. Ini terdiri dari peserta didik dan beberapa tenaga pelatih yang ada di sana," kata Yuri dalam keterangan resmi di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Kamis (9/7).

 

Baca juga: Ini 5 Provinsi Kasus Positif Covid-19 Tertinggi di Indonesia

Baca juga: 200 Siswa Secapa AD Bandung Terpapar Covid-19

 

Dia menjelaskan dari jumlah 1.262 kasus positif baru ini, hanya 17 orang yang mendapat perawatan dan isolasi di RS Dustira Cimahi, Jawa Barat. Mereka diisolasi dan dirawat di rumah sakit karena mengalami keluhan ringan, seperti demam dan keluhan pernapasan, baik batuk serta sesak.

"Sementara sisa yang lainnya sebanyak 1.245 tanpa keluhan apapun dan saat ini semuanya kita karantina di wilayah pendidikan," sebutnya

Pihaknya memastikan bahwa seluruh kompleks Secapa Angkatan Darat di Bandung sudah diisolasi dan seluruh orang yang berada di dalamnya tidak diperbolehkan keluar masuk.

"Kami memastikan tidak akan terjadi penularan keluar komplek karena kita menjaga dengan ketat agar betul-betul pelaksanaan karantina kewilayahan bisa dijalankan secara maksimal tentunya dengan monitoring yang ketat yang dilaksanakan oleh dinas kesehatan provinsi Jawa Barat Dinas Kesehatan Kota Bandung dan dari kesehatan Kodam 3 Siliwangi," paparnya.

Sampai hari ini, lanjut Yuri perawatan terhadap seluruh peserta yang berstatus positif Covid-19 berjalan baik. Pemerintah juga memastikan tidak akan terjadi penularan dari dalam Secapa AD ke luar kompleks.

"Kami mohon masyarakat tenang, tak perlu panik karena ini sudah ditangani secara profesional sesuai dengan standar internasional. Kami lakukan karantina wilayah dan kami jamin sepenuhnya bahwa evaluasi terhadap peserta karantina dijalankan secara maksimal," jelas Yurianto

Pihaknya juga berharap bahwa keluarga para peserta didik yang berasal dari seluruh Indonesia memahami dan memaklumi namun masih tetap bisa melaksanakan kontak komunikasi menggunakan telepon atau sarana media yang lain dengan keluargan masing-masing. (OL-8)

Baca Juga

Ist

KKP Dukung Riset Ikan Gabus untuk Kesehatan dan Budidaya

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 15 Agustus 2020, 20:30 WIB
Para pembudidaya Ikan Gabus (Channa Striata) yang bertujuan membantu pemerintah melalui KKP dalam pengembangan usaha budidaya ikan...
AFP/Mohammed Huwais

Penanganan Dini Kunci Sukses Atasi Trauma Mata

👤Eni Kartinah 🕔Sabtu 15 Agustus 2020, 19:20 WIB
Dokter Yunia Irawati, SpM(K), menjelaskan trauma pada mata atau ophthalmic trauma berisiko menurunkan tingkat penglihatan secara...
Antara

Big Data Pendidikan Harus Pertimbangkan Kedaulatan Negara

👤Ihfa Firdausya 🕔Sabtu 15 Agustus 2020, 18:35 WIB
Penggunaan big data di dunia pendidikan bisa dipakai untuk memprediksi arah perjalanan bangsa, di mana kekuatannya, dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya