Kamis 09 Juli 2020, 21:15 WIB

Program Sertifikasi Mahasiswa dan SDM Vokasi Diluncurkan

Atikah Ishmah Winahyu | Humaniora
Program Sertifikasi Mahasiswa dan SDM Vokasi Diluncurkan

Antara
Seorang siswa mengikuti ujian kompetensi keahlian sebagai bagian dari Ujian Nasional di SMKN 2, Kota Pekanbaru, Riau, Rabu (8/3)

 

DIREKTORAT Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meluncurkan program bantuan sertifikasi kompetensi bagi mahasiswa pendidikan tinggi vokasi. Ditargetkan 15 ribu mahasiswa dapat bergabung dalam program ini.

“Pertama, kami meluncurkan program bantuan sertifikasi kompetensi mahasiswa. Jadi kita berharap ada 15 ribu mahasiswa yang bisa disertifikasi kompetensi pada tahun ini,” ujar Direktur Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud Benny Bandanadjaja, dalam konferensi pers, Kamis (9/7).

Benny menyadari bahwa dengan adanya pandemi covid-19, target tersebut mungkin akan sulit terpenuhi. Namun dia berharap, masih banyak mahasiswa yang semangat untuk mengembangkan kemampuannya melalui program ini.

Di samping itu, teknis pelaksanaan program juga akan dibuat lebih efektif dan efisien, menyesuaikan kondisi pandemi covid-19.

“Tentunya perlu ada berbagai hal yang dipersiapkan artinya ada suatu kondisi yang perlu kita sesuaikan, tidak seperti yang tahun lalu,” tuturnya.

Selain itu, Kemendikbud juga meluncurkan sertifikasi kompetensi bagi sumber daya manusia (SDM) pendidikan tinggi vokasi, yakni pimpinan, dosen dan Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP). Benny pun menegaskan bahwa kedua program ini bukan hanya sekedar untuk mendapatkan sertifikat saja.

"Targetnya adalah mengembangkan pendidikan tinggi vokasi untuk lebih baik, jadi ini bukan sekedar sertifikat semata," tegasnya.

Sosialisasi kegiatan akan dilakukan pada 9-13 Juli 2020, pendaftaran 10-31 Juli 2020, seleksi 20 Juli-5 Agustur 2020, pengumuman 20 Agustus 2020. Kemudian penandatanganan kontrak 13-14 Agustus 2020 dengan periode pelaksanaan kegiatan 17 Agustus-17 November 2020. (OL-13)

Baca Juga:  Harga Turun pun, Bawang Putih Disorot Publik

 

Baca Juga

Antara/Arif Firmansyah

BPOM: Belum Ada Obat Herbal untuk Sembuhkan Covid-19

👤Atalya Puspa 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 13:20 WIB
Badan POM RI memastikan pihaknya sampai saat ini tidak pernah memberikan persetujuan klaim khasiat obat herbal yang dapat menyembuhkan...
MI/CIKWAN

Uji Klinis Vaksin Covid-19 Siap Dilaksanakan

👤Atalya Puspa 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 12:35 WIB
Kepala Badan POM RI, Penny K. Lukito menghadiri Kick-Off Meeting dan Simulasi Uji Klinik Vaksin covid-19 di Fakultas Kedokteran Universitas...
Fb Steve Krecik

Warga AS Ini Kagumi Penanganan Covid-19 di Indonesia

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 09:38 WIB
Steve sebut Indonesia menjalankan protokol kesehatan pada setiap kedatangan di bandara, berbeda dengan yang dialaminya di bandara...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya