Kamis 09 Juli 2020, 21:05 WIB

Hama Belalang Migrasi ke Lahan Pertanian Warga

Palce Amalo | Nusantara
Hama Belalang Migrasi ke Lahan Pertanian Warga

Antara
Hama belalang.

 

HAMA belalang kembara (locusta migratoria) dilaporkan muncul di lahan pertanian warga di tiga desa di Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (9/7). Yakni Desa Wanga dan Palakahembi di Kecamatan Umalulu, dan Desa Kawangu di Kecamatan Pandawai.

Aktivis Walhi NTT, Umbu Tamu Rihi mengatakan  serbuan hama belakang dipicu kebakaran hutan dan lahan (karhutla) serta pengrusakan hutan yang membuat sumber makanan belalang ludes. "Ekosistem rusak karena pemangsa belalang juga tidak ada lagi sehingga belalang," ujarnya saat dihubungi
lewat telepon dari Kupang.

Umbu menyebutkan kondisi tersebut sudah berlangsung tiga tahun terakhir. Namun, tahun ini belalang tiba di lahan pertanian warga setelah selesai panen.

Dia menyebutkan karhutla di Sumba terjadi setiap tahun karena sosialisasi yang dilakukan pemerintah tidak sampai kepada masyarakat yang berada di kampung, terutama gembala ternak yang berada di padang.

Sosialisasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan oleh pemerintah daerah menurut Dia, tidak menjangkau kelompok masyarakat tersebut. "Sosialiasi lewat spanduk dan pamlet padahal masyarakat tidak bisa membaca," katanya.

Jika sosialisasi seperti itu hanya dilakukan di wilayah perkotaan sampai kecamatan, dan desa, tidak bisa menjangkau kelompok masyarkat tersebut yang berada di kampung. Umumnya, masyarakat membakar lahan dengan harapan tumbuh rumput baru bagi makanan ternak, dan membuka lahan baru. Namun, tambah Dia, pembukaan lahan baru terjadi pada September-November.

Adapun saat ini kebakaran banyak dilakukan oleh petani yang baru saja selesai panen, serta dilakukan oleh pemburu. "Beberapa kali kebakaran itu disengaja, mereka membakar agar hasil buruannya bisa ditangkap," kata Dia. (OL-13)

Baca Juga: DPRD Minta Anies Copot Kadis Parekraf

Baca Juga

MI/Dwi Apriani

1500 Personel Polda Sumsel Tangani Karhutla 10 Kabupaten

👤Dwi Apriani 🕔Senin 10 Agustus 2020, 17:14 WIB
Kesepuluh Daerah tersebut yakni menyebar di Banyuasin, Musi Banyuasin, Ogan Ilir, OKI, Muara Enim, OKU Timur, Lahat, Pali, Musi Rawas dan...
Antara/Fakhri Hermansyah

DPRD Babel Sepakat KBM Tatap Muka

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Senin 10 Agustus 2020, 16:05 WIB
DPRD Provinsi Bangka Belitung sepakat dan mendukung akan dilaksanakannya kembali Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tatap muka untuk jenjang...
ANTARA FOTO/Didik Suhartono

Pemkot Surabaya Larang Warga Rayakan HUT RI

👤Faishol Taselan 🕔Senin 10 Agustus 2020, 16:00 WIB
Pemkot menganggap kegiatan malam tirakatan/tasyakuran dan lomba-lomba kampung mendapatkan skor sebagai kegiatan berisiko cukup tinggi...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya