Kamis 09 Juli 2020, 20:24 WIB

Dua Penderita DBD di Cimahi Meninggal Dunia

Depi Gunawan | Nusantara
Dua Penderita DBD di Cimahi Meninggal Dunia

MI/DEPI GUNAWAN
: Petugas lakukan pengasapan (Fogging) di permukiman warga Kota Cimahi untuk mencegah merebaknya kasus demam berdarah dangeu (DBD)

 

DINAS Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi mencatat ada 263 orang terjangkit Demam Berdarah Dengue (DBD) selama bulan Januari-Juni 2020. Dua orang di antaranya dinyatakan meninggal dunia.

"Kasus kematian akibat nyamuk Aedes Aegypti atau DBD di Cimahi ada dua orang, masing-masing anak berusia 7 dan 8 tahun," kata Kepala Seksi Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Menular pada Dinkes Kota Cimahi, Romi Abdurahkman, Kamis (9/7).

Berdasarkan catatan, dia merincikan, di bulan Januari ada 55 orang terjangkit DBD, Februari 59 orang, Maret 42 orang, April 40 orang, Mei 18 orang dan Juni 49 orang. Pihaknya mengajurkan warga agar meningkatkan kewaspadaan karena kasus DBD sulit diprediksi.

"Apalagi wilayah kita endemik DBD, artinya selalu ada temuan setiap tahunnya," terangnya.

Baca juga: Jabar Waspadai Ancaman DBD

Untuk mencegah penyebaran kasus demam berdarah, pihaknya sudah melaksanakan pengasapan atau foging di beberapa wilayah rawan DBD seperti di Kelurahan Pasirkaliki, Kecamatan Cimahi Utara.

"Foging dilakukan berdasarkan hasil verifikasi dari Puskemas," bebernya.

Namun demikian, lanjut dia, masyarakat jangan hanya bergantung pada foging saja. Pasalnya, foging hanya akan membunuh nyamuk dewasa saja dan tidak sampai pada jentiknya.

Karena itu, masyarakat diusahakan bisa meminimalisasi genangan air di berbagai tempat dan menutup semua tempat air agar tidak menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk.

"Bukan cuma di dalam rumah, tapi juga di halaman sekitarnya. Jentik nyamuk biasanya berkembang biak di genangan air, jika masyarakat menjalankan pemberantasan sarang nyamuk (PSN), kasus DBD pun bisa dicegah," jelasnya. (A-2)

 

Baca Juga

Ilustrasi

10 Napi Tahanan Kejari Denpasar Positif Covid-19

👤Arnoldus Dhae 🕔Sabtu 15 Agustus 2020, 21:05 WIB
Eka Widanta juga mengatakan, selama masa pandemi dengan persidangan sistim online diakui sedikit mengalami perubahan bagi tahanan jaksa...
MI/Kristiadi

Dua Anggota DPRD Positif Korona, Gedung DPRD Garut Tutup 14 Hari

👤Kristiadi 🕔Sabtu 15 Agustus 2020, 20:54 WIB
Namun, untuk sekarang ini pelayanan di Gedung DPRD telah ditutup sementara selama 14 hari ke...
DOK MI

1,29 Juta Pekerja di Jatim Didaftarkan Dapat Bantuan Rp600 Ribu

👤Heri Susetyo 🕔Sabtu 15 Agustus 2020, 20:46 WIB
Pekerja yang mendapatkan bantuan pemerintah ini harus memenuhi beberapa persyaratan. Mereka yang menerima bantuan adalah pekerja formal...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya