Kamis 09 Juli 2020, 17:15 WIB

Tetap Berlangsung, Festival Film Venesia Lakukan Penyesuaian

Fathurrozak | Weekend
Tetap Berlangsung, Festival Film Venesia Lakukan Penyesuaian

Dok. Labiennale.org
Festival Film Venesia ke-77 akan tetap berlangsung pada September tahun ini.

SALAH satu festival film tertua di dunia, Festival Film Venesia akan tetap melangsungkan acaranya pada 2-12 September. Akibat pandemi yang berlangsung, penyelenggara menyatakan untuk edisi ke-77 ini akan ada beberapa penyesuaian festival.

Penyelenggara Festival Film Venesia mengatakan, jumlah film yang dipilih (official selection) akan dikurangi sebagai upaya penyesuaian protokol keamanan dan kebersihan akibat krisis pandemi covid-19.

Pada festival tahun ini, beberapa program masih akan dihadirkan, seperti Main Competition, Orizzonti, Out of Competition, dan Biennale College Cinema. Sementara, seksi Sconfini, yang seksi programnya adalah mendatangkan sebanyak mungkin jumlah penonton untuk pemutaran ulang film-film di seksi utama, tahun ini ditiadakan. Program Sconfini biasanya mencakup film art house dan film bergenre, karya eksperimental, serial TV dan produksi lintas media. Selain itu, seksi Venice Classics juga tidak akan menjadi bagian dari festival tahun ini, tetapi akan diselenggarakan sebagai bagian dari festival Il Cinema Ritrovato, festival untuk film yang direstorasi, berlangsung 25-31 Agustus di Bologna, Italia. 

“Kolaborasi antara kedua festival ini menawarkan solusi yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk situasi luar biasa,” kata penyelenggara dikutip dari The Hollywood Reporter.

Penyelenggara Festival Film Venesia mengungkapkan pihaknya juga akan menyiapkan dua arena luar ruangan untuk edisi tahun ini, di samping bioskop biasa. Sementara itu, untuk seksi kompetisi Virtual Reality, akan dilakukan secara daring.
“Ini menjadi perayaan yang bermakna, juga sebagai pembukaan kembali yang kita semua nantikan, dan pesan optimisme secara konkret untuk seluruh dunia perfilman, yang sudah sangat menderita dari krisis ini,” kata direktur artistik Festival Film Venesia, Alberto Barbera.

Program dari festival akan diumumkan pada 28 Juli 2020. Pada penyelenggaraan Festival Film Venesia ke-75, dua film Indonesia berhasil masuk dua seksi kompetisi. Kucumbu Tubuh Indahku milik Garin Nugroho saat itu masuk dalam kompetisi Orizzonti Competition. Sementara film pendek Kado karya Aditya Ahmad menjadi pemenang di kategori Short Films Competition. (M-1)

Baca Juga

AFP/Noel Celis

A Thousand Cuts, Potret Buram Kebebasan Pers di Filipina

👤Fathurrozak 🕔Senin 10 Agustus 2020, 17:05 WIB
Dokumenter ini menyoroti kehidupan jurnalis Maria Ressa yang acap mengkritisi kebijakan Presiden Rodrigo...
AFP/KENA BETANCUR

Mengapa Karaoke tak Dipatenkan Penciptanya?

👤Abdillah Marzuqi 🕔Senin 10 Agustus 2020, 15:26 WIB
Karena tak dipatenkan, sang penemu kehilangan potensi royalti kurang lebih US$100 juta hanya pada tahun...
Dok. JFW 2021

Busana Adaptasi New Normal di JFW 2021

👤Galih Agus Saputra 🕔Senin 10 Agustus 2020, 14:00 WIB
Label Raegita Zoro mengadaptasikan new normal dengan baju yang lebih panjang dan lengkap dengan...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya