Kamis 09 Juli 2020, 16:55 WIB

Ini Alasan Pentingnya Para Ayah Bermain dengan Anak

Bagus Pradana | Weekend
Ini Alasan Pentingnya Para Ayah Bermain dengan Anak

Unsplash/ Peter Dlhy
Studi menemukan jika interaksi bermain dengan ayah sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang anak.

PENTINGNYA interaksi ayah dengan anak sedini mungkin memang sudah banyak dibahas. Kini satu lagi studi mengungkap pentingnya ayah bermain dengan anak sedini mungkin.

Penelitian dari tim Fakultas Pendidikan Universitas Cambridge, Inggris, mengungkapkan jika ada perbedaan pola interaksi permainan ayah dengan anak dibanding ibu dengan anak. Dilansir Sciencedaily.com, penelitian menemukan jika ayah cenderung mengajak bermain dengan interaksi fisik, seperti menggelitik dan mengejar anak, serta permainan menunggang kuda. 

Jenis interaksi ini nyata sangat berguna untuk membantu anak belajar mengendalikan perasaan dan belajar perilaku mandiri. Ini dapat dipahami karena permainan interaksi fisik yang penuh candaan, anak dilatih soal humor. 

Profesor Paul Ramchandani, seorang peneliti senior dalam penelitian ini menyatakan bahwa anak-anak yang mendapatkan waktu bermain lebih banyak dengan orangtua mereka, terutama sosok ayah, akan memiliki periode tumbuh kembang yang lebih terjamin daripada mereka yang tidak mendapatkannya.

"Penting untuk tidak melebih-lebihkan dampak kegiatan bermain yang didapatkan anak-anak terhapat tumbuh kembangnya, tetapi tampaknya anak-anak yang mendapatkan jumlah waktu bermain dengan orangtua mereka yang lebih banyak akan sangat beruntung," ungkap Profesor Ramchandani. 

Dalam penelitian tersebut para peneliti menggunakan data dari 78 studi, yang dilakukan antara tahun 1977 dan 2017 - sebagian besar di Eropa atau Amerika Utara. Para peneliti menganalisis informasi gabungan untuk mengetahui pengaruh dari aktivitas bermain yang dilakukan oleh ayah dan anak dengan tumbuh kembang sang anak. 

Anak-anak yang menikmati waktu bermain berkualitas dengan ayah mereka cenderung lebih dapat mengontrol dirinya dan tidak hiperaktif. Mereka juga tampak lebih baik dalam mengendalikan emosi mereka.

"Kegiatan bermain fisik menciptakan situasi yang menyenangkan dan mengasyikkan di mana anak-anak harus menerapkan pengaturan diri," tambah Ramchandani. (M-1)

Baca Juga

Unsplash/ Abigail Keenan

Dua Gaya Selebrasi Bola Ini Bakal Dihapus

👤Galih Agus Saputra 🕔Senin 10 Agustus 2020, 18:45 WIB
Selebrasi yang bergaya menyuruh diam dan gaya jari "OK: bakal tidak ada lagi di gim Fifa...
AFP/Noel Celis

A Thousand Cuts, Potret Buram Kebebasan Pers di Filipina

👤Fathurrozak 🕔Senin 10 Agustus 2020, 17:05 WIB
Dokumenter ini menyoroti kehidupan jurnalis Maria Ressa yang acap mengkritisi kebijakan Presiden Rodrigo...
AFP/KENA BETANCUR

Mengapa Karaoke tak Dipatenkan Penciptanya?

👤Abdillah Marzuqi 🕔Senin 10 Agustus 2020, 15:26 WIB
Karena tak dipatenkan, sang penemu kehilangan potensi royalti kurang lebih US$100 juta hanya pada tahun...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya